Cara Membedakan Karya Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan

Kompas.com - 27/08/2020, 06:15 WIB
Tangkapan layar Youtube/Mashindra Prisma SaputraTangkapan layar

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Kamis, 27 Agustus 2020 membahas Seni Membuat Patung untuk siswa SD Kelas 4-6.

Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal pertama dan jawabannya:

Soal: Jelaskan bagaimana cara membedakan karya seni rupa murni dan seni rupa terapan!

Jawaban:

Cara membedakan karya seni rupa murni dan seni rupa terapan dilihat dari fungsinya, sebagai berikut:

  • Seni rupa murni

Seni rupa murni adalah karya seni yang tercipta bebas dengan fungsi yang lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsi. Sebagai kepuasan pandangan mata saja dan biasanya sering digunakan hanya sebagai pajangan.

Dilansir dari buku The Perceptual Structure of Three-Dimensional Art (2016) karya Paul MW, fungsi dari seni rupa murni untuk memuaskan batin di dalam ciptaanya. Mengutamakan unsur keindahan.

Contoh karya seni rupa murni adalah lukisan, patung, grafiti, relief, seni koreografi, dan masih banyak lainnya.

  • Seni rupa terapan

Seni rupa terapan adalah merupakan karya seni yang tidak hanya sebagai pajangan rumah saja, melainkan juga berfungsi untuk membantu kehidupan manusia. Seni rupa terapan lebih mengutamakan kegunaan dibandingkan keindahan.

Fungsi dari karya seni rupa terapan justru menonjolkan kegunaan atau kebutuhannya, seperti kebutuhan pokok atau kebuituhan sosial.

Contoh karya seni rupa terapan adalah anyaman, keramik, kriya bambu, kriya kayu, ukiran, batik, tembikar, dekorasi, busana, dan lainnya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X