Kompas.com - 21/08/2020, 15:00 WIB
Peristiwa terjadinya Bandung Lautan Api tribunnewswiki.comPeristiwa terjadinya Bandung Lautan Api

KOMPAS.com - Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada 23 Maret 1946. Di mana peristiwa tersebut sebagai wujud nyata pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan yang sudah diproklamasikan Indonesia.

Untuk mengingat peristiwa tersebut dibangun Monumen Bandung Lautan Api sebagai tanda dari peristriwa tersebut. Peristiwa tersebut berawal dari datangnya Sekutu pada Oktober 1945 di bandung.

Latar belakang

Dalam buku Bandung 1945-1946 (2019) karya Egi Azwul Fikri, berikut beberapa hal yang menjadi latar belakang peristiwa Bandung Lautan Api, yaitu:

  • Tuntutan Brigade Mac Donald terdahap masyarakat Bandung untuk menyerahkan semua senjata Jepang yang sudah dilucuti oleh pemuda ke pihak Sekutu.
  • Tentara Sekutu membagi Kota Bandung menjadi dua wilayah, yaitu Bandung Utara dan Bandung Selatan.
  • Ultimatum dari Sekutu untuk mengosongkan Bandung Utara pada 29 November 1945.
  • Rencana untuk membangun markas Sekutu di Bandung.

Baca juga: Penyebab Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Bandung terbakar

Pada saat itu banyak pemuda yang sibuk merebut persenjataan dari Jerpang. Sehingga tidak tahu bahwa Sekutu sudah sampai di Bandung.

Sekutu yang sudah sampai di Bandung kemudian menjadi dua wilayah, yaitu Bandung Utara dan Bandung Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekutu kemudian memberikan ultimatuk agar Bandung Utara dikosongkan selambat-lambatnya tanggal 29 November 1945. Namun, rakyat menolak untuk menyerahkan Bandung Utara.

Di sisi lain pejuang Indonesia di Bandung juga bingung untuk mengikuti perintah berbeda dari Jakarta dan Yogyakarta. Pemerintah RI dari Jakarta mengintruksikan agar Bandung jangan dikosongkan.

Sedangkan Markas Komando TRI di Yogyakarta memerintahkan agar Banding dikosongkan. Akhirnya para pejuang mengambil keputusan untuk menyerang secara besar-besaran kepada Sekutu pada 24 Maret 1946.

Baca juga: Peristiwa Jepang Menyerah pada Sekutu

Pejuang Indonesia kemudian menyerang pos-pos Sekutu dan melakukan pembakaran seluruh rumah beserta harta benda di Bandung Utara.

Pembakaran ini dilakukan pada malam hari bersamaan dengan keluarnya mereka dari Bandung. Peristiwa tersebut dilakukan oleh 200 ribu orang dalam waktu 7 jam.

Hal tersebut membuat Sekutu tidak dapat memakai Bandung sebagai markas militer. Akibat pembakaran tersebut, seketika itu Bandung dipenuhi dengan api yang berkobar dan peristiwa tersebut dikenal dengan Bandung Lautan Api.

Pertempuran, pengosongan, dan pembumihangusan kota Bandung menjadi sejarah yang tidak terlupakan. Meski dengan berat hari masyarakat Bandung harus meninggalkan kota yang sudah lama ditinggali.

Rumah, harta, dan sebagainya terpaksa ditinggalkan demi cita-cita untuk merdeka dan keluar dari cengkeraman penjajah.

Baca juga: Peristiwa-peristiwa Berkaitan dengan Lahirnya Pramuka

Peristiwa terjadinya Bandung Lautan Apikebudayaan.kemdikbud.go.id Peristiwa terjadinya Bandung Lautan Api

 


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.