Kompas.com - Diperbarui 03/02/2022, 12:28 WIB
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Tersebarnya berita proklamasi dengan berbagai cara dan secara bertahap agar terjangkau hingga seluruh wilayah Indonesia. 

Usai pembacaan teks proklamasi di Jakata, berita tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia menyebar ke Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa timur, Sunda Kecil, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Dilansir situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berita proklamasi yang sampai ke daerah disambut dengan sangat baik. Pemberitaan proklamasi yang dilakukan hingga ke daerah-daerah tentunya untuk mengumpulkan dukungan rakyat terhadap NKRI. 

Mudjibah Utami dalam buku Cerita Perang Kemerdekaan Indonesia (2015), agar berita proklamasi menyebar hingga seluruh Indonesia dengan cepat, terdapat beberapa cara yang dilakukan. Berikut cara penyebaran proklamasi kemerdekaan, yaitu: 

Baca juga: Kronologi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan

Surat kabar 

Soeara Asia yang terbit di Surabaya dan Tjahaya yang terbit di Bandung adalah surat kabar pertama yang menyiarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Soeara Asia menerbitkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 18 Agustus 1945.

Meski kondisi waktu itu Jepang melarang agar media tidak memuat tentang pergerakan apalagi proklamasi kemerdekaan.

Namun para pemuda yang berjuang lewat pers, seperti Adam Malik, Sayuti Melik, Sutan Syahrir, B.M Diah, Ki Hajar Dewantara.

Kemudian Otto Iskandardinata, G.S.S.J Ratulangi, Iwan Kusuma Sumantri terus menyebarkan peristiwa bersejarah bangsa Indonesia tersebut.

Hampir seluruh harian di Jawa pada penerbitannya 20 Agustus 1945 memuat berita proklamasi kemerdekaan dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Baca juga: Arti dan Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.