Apa Pola Lantai Tari Saman?

Kompas.com - 14/08/2020, 12:00 WIB
Para mahasiswa Chung Ang University, Korea Selatan, menampilkan kemampuannya dalam Tari Saman sebagai bagian dari kegiatan pertukaran budaya dan bahasa dengan para mahasiswa Universitas Nasional.  Dok. UnasPara mahasiswa Chung Ang University, Korea Selatan, menampilkan kemampuannya dalam Tari Saman sebagai bagian dari kegiatan pertukaran budaya dan bahasa dengan para mahasiswa Universitas Nasional.

KOMPAS.com - Pola lantai adalah sebuah garis atau pola yang dibentuk sebagai cara bagi penari dalam berpindah, bergerak, maupun bergeser ke posisi untuk penguasaan panggung.

Dalam buku Keanekaragaman Seni Tari Nusantara (2012) karya Resi Septiana Dewi, garis atau pola yang dimaksud adalah pola garis maya yang dibuat penari ketika melakukan gerakan tari.

Fungsi pola lantai untuk menata gerakan tarian yang selaras atau kompak antar anggota penari. Pola lantai dibuat untuk memperindah pertunjukan karya tari.

Pola lantai dalam melakukan tarian banyak menggunakan unsur ruang. Jika digambarkan, pola tersebut berupa lintasan garis diagonal, vertikal, horizontal dinamis di lantai.

Baca juga: Pola Lantai: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Pola lantai Tari Saman

Tari Saman adalah sebuah tarian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat.

Pola lantai Tari Saman menggunakan pola lantai garis lurus, baik vertikal dan horizontal. Berikut penjelasan pola lantai tari Saman:

  • Pola lantai horizontal

Pola lantai garis horizontal sering digunakan dan menjadi dasar gerakan pada Tari saman. Pola ini memiliki makna sebagai hubungan antara manusia dengan manusia.

Di mana manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan manusia lainnya. Pada pola ini, penari berbaris lurus ke samping.

  • Pola lantai vertikal

Pola lantai vertikal, penari membentuk garis lurus dari depan ke belakang. Maknanya hubungan antara manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta alam semesta. Selain itu, pola lantai ini melambangkan kesan sederhana namun kuat.

Baca juga: Macam-Macam Pola Lantai Tari Kreasi Daerah

  • Pola lantai huruf Z

Tari Saman juga menggunakan pola lantai membentuk huruf Z. Di mana masing-masing penari memiliki fungsi sebagai berikut:

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X