Ceritakan Pengalamanmu Berisi Perjuangan yang Sudah Dilakukan, Jawaban Soal TVRI 14 Agustus SMP

Kompas.com - 14/08/2020, 07:30 WIB
 Truk tentara sekutu melintasi dinding-dinding bertuliskan semboyan perjuangan Indonesia, diduga di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Bung Tomo yang
berkunjung ke Jakarta setelah pertempuran Surabaya melihat deretan truk yang membawa beratus-ratus orang preman dan serdadu Serikat, bersorak-sorak seolah mereka itu telah bertempur mati-matian dan berhasil memasuki serta merebut Kota Jakarta. Sasaran serdadu NICA dan Batalyon X yang terkenal ganas itu bukan cuma Pemuda Pelopor, tetapi juga rakyat biasa dan para abang Betawi. Makanan dan uang yang dibawa rakyat dirampasnya, kenang wartawan Merdeka Rosihan Anwar. Fotografer Antara, Abdoel Kadir Said, pernah tertangkap mengenakan lencana Merah Putih. Ia dipaksa menelan benda dari seng itu. IPPHOS Truk tentara sekutu melintasi dinding-dinding bertuliskan semboyan perjuangan Indonesia, diduga di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Bung Tomo yang berkunjung ke Jakarta setelah pertempuran Surabaya melihat deretan truk yang membawa beratus-ratus orang preman dan serdadu Serikat, bersorak-sorak seolah mereka itu telah bertempur mati-matian dan berhasil memasuki serta merebut Kota Jakarta. Sasaran serdadu NICA dan Batalyon X yang terkenal ganas itu bukan cuma Pemuda Pelopor, tetapi juga rakyat biasa dan para abang Betawi. Makanan dan uang yang dibawa rakyat dirampasnya, kenang wartawan Merdeka Rosihan Anwar. Fotografer Antara, Abdoel Kadir Said, pernah tertangkap mengenakan lencana Merah Putih. Ia dipaksa menelan benda dari seng itu.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 14 Agustus 2020 membahas materi Hari Pramuka: Perjuangan untuk SMP dan sederajat.

Ada tiga pembahasan dalam materi tersebut. Berikut adalah pembahasan materi ketiga.

Soal: Perjuangan memang belum berakhir, kita harus memaknai arti kemerdekaan dengan tetap berjuang.

Buatlah satu cerita pengalamanmu yang berisi perjuangan yang sudah kamu lakukan. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar!

Baca juga: Pelajaran dari Perjuangan Jenderal Soedirman, Jawaban TVRI 27 Juli SMP 

Jawaban: Saat masih sekolah pernah menjadi petugas upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan bangsa Indonesia.

Karena pada waktu itu aktif di organisasi sekolah, seperti OSIS dan Pramuka. Tidak hanya itu saja, tapi juga selalu mengikuti lomba dan karnaval dengan memakai baju adat.

Itu dilakukan dalam rangka memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X