Apa Arti Kemerdekaan di Masa Sekarang? Jawaban Soal TVRI 14 Agustus SMP

Kompas.com - 14/08/2020, 07:00 WIB
Tangkapan layar Program Belajar dari Rumah TVRI pada Jumat, 14 Agustus 2020 dengan materi Hari Pramuka: Perjuangan untuk SMP dan sederajat. hiproductionTangkapan layar Program Belajar dari Rumah TVRI pada Jumat, 14 Agustus 2020 dengan materi Hari Pramuka: Perjuangan untuk SMP dan sederajat.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 14 Agustus 2020 membahas materi Hari Pramuka: Perjuangan untuk SMP dan sederajat.

Ada tiga pembahasan dalam materi tersebut. Berikut adalah pembahasan materi pertama.

Soal: Arti merdeka di masa sekarang tentu berbeda dengan arti merdeka di masa lalu. Menurutmu apa arti merdeka di masa sekarang?

Jawaban: Arti kemerdekaan di masa sekarang sangatlah penting, apalagi dengan zaman yang modern.

Perjuangan yang dilakukan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan bisa dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Arti dan Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kita tidak boleh menyerah akan sesuatu, apapun hasilnya yang penting berjuang dan kerja keras untuk dapat meraih apa yang diinginkan.

Perjuangan zaman dulu dan sekarang berbeda, tidak lagi mengangkat senjata untuk meraih kemerdekaan.

Untuk mencapai sesuatu tidak hanya butuh kerja keras, tapi juga di butuhkan strategi dan pemikiran.

Kemerdekaan mengajarkan kita rela melakukan apapun untuk mencapai apa yang kita inginkan.

Kita juga harus selalu menghargai jasa-jasa para pahlawan. kita harus selalu bangkit membanggakan Indonesia dan bendera merah putih.

Baca juga: Kondisi Awal Indonesia Merdeka 

Karena berkat mereka kita menjadi bangsa yang merdeka. Bersama-sama selalu menjaga keutuhan bangsa Indonesia jangan sampan pecah, menjaga persatuan dan kesatuan.

Saling menghormati dan tidak membeda-bedakan perbedaan mengingat Indonesia merupakan negara beragam baik suku, ras, atau agama.

Terpenting kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan berprestasi untuk bangsa dan negara.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X