Manfaat dari Kegiatan Pramuka, Jawaban Soal TVRI 14 Agustus

Kompas.com - 14/08/2020, 06:30 WIB
Tangkapan layar Youtube/seratus instituteTangkapan layar

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Jumat, 14 Agustus 2020 membahas Sejarah Pramuka untuk siswa SD kelas 4-6.

Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal kedua dan jawabannya:

Soal: Ceritakan berdasarkan pengalamanmu, manfaat apa saja yang kamu dapatkan dari kegiatan pramuka?

Jawaban:

Manfaat yang didapat dari kegiatan Pramuka, yaitu:

  • Hidup mandiri

Salah satu kegiatan Pramuka adalah berkemah. Dengan berkemah kita dituntut untuk tinggal bersama anggota Pramuka lainnya. Membersihkan tenda sendiri, bangun sendiri, masak sendiri, dan mencuci baju sendiri.

  • Disiplin

Dengan Pramuka kita dilatih untuk disiplin dan tepat waktu. Kegiatan Pramuka identik dengan apel, mengumpulkan tugas, bahkan hingga waktu istirahat juga ditentukan.

Disiplin waktu ini akan berguna dikehdiupan sehari-hari, seperti tepat waktu untuk mengumpulkan tugas sekolah, makan, belajar, dan waktu tidur.

  • Gotong royong dan kebersamaan

Pada saat mendirikan tenda untuk berkemah, kita harus mendirikannya bersama anggota lainnya. Jika ada yang sakit harus bersama-sama dirawat. Saling membantu dalam menyelesaikan sebuah misi.

Menumbuhkan rasa kebersamaan ini akan berguna diberbagai kegiatan bakti sosial juga, seperti penggalangan dana bantuan korban bencana alam dan sebagainya.

  • Menjaga alam

Kegiatan Pramuka yang sering dilakukan di alam bebas, mengajarkan kita untuk merasakan alam secara langsung. Selain itu memunculkan rasa kepedulian untuk menjaga alam dan lingkungan sekitar.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X