Perbedaan antara Argumen dan Opini Biasa, Jawaban Soal TVRI 10 Agustus SMA

Kompas.com - 10/08/2020, 07:45 WIB
Tangkapan layar Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Senin, 10 Agustus 2020 dengan materi Cara Berpikir Kritis untuk SMA. latih logikaTangkapan layar Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Senin, 10 Agustus 2020 dengan materi Cara Berpikir Kritis untuk SMA.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI kembali hadir. Pada Program Belajar dari Rumah yang berlangsung Senin, 10 Agustus 2020 membahas materi mengenai Cara Berpikir Kritis untuk SMA/SMk dan sederajat.

Pada pembahasan materi tersebut terdapat beberapa pertanyaan. Berikut adalah pembahasan untuk pertanyaan ketiga.

Soal: Apakah perbedaan antara argumen dan opini biasa? Mengapa kemampuan berargumen sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari?

Baca juga: Rangkuman Soal dan Jawaban Belajar dari Rumah TVRI 10 Agustus 2020 SD Kelas 1-3

Jawaban: Argumen merupakan serangkaian kalimat yang bersifat persuasif atau yang bertujuan mengubah pandangan orang terhadap suatu hal.

Contohnya mengubah pandangan dari tidak setuju menjadi setuju. Dari yakin menjadi tidak yakin.

Yang membedakan argumen dari opini biasa adalah argumen harus terdiri dari beberapa  kalimat.

Ada kalimat yang menjadi kesimpulan. Ada satu atau beberapa kalimat yang dijadikan alasan atau dasar dari kesimpulan itu.

Baca juga: Eye Level Indonesia Perkenalkan Latihan Berpikir Kritis Matematika 

Kalimat yang menjadi alasan atau dasar dinamakan juga premis. Oleh karena itu opini seseorang tentang sebuah topik belum tentu dapat disebut sebagai argumen.

Opini baru baru menjadi sebuah argumen jika memiliki premis-premis yang mendukung opini tersebut.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X