Cara Timun Mas Menyelamatkan Diri dari Raksasa, Jawaban Sola TVRI

Kompas.com - 10/08/2020, 06:45 WIB
Tangkapan layar Youtube/Dongeng kitaTangkapan layar

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Senin, 10 Agustus 2020 bercerita mengenai Dongeng Timun Mas untuk siswa SD kelas 1-3.

Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal ketiga dan jawabannya:

Soal: Bagaimana caranya Timun Mas menyelamatkan diri dari kejaran raksasa?

Jawaban:

Cara Timun Mas menyelamatkan dirk dari kejaran raksasa adalah dengan melemparkan satu per satu bungkusan yang diberi oleh pertapa. Sehingga Timun Mas bisa terhindar dari raksasa.

Saat Raksasa mengejarnya, tanpa membuang kesempatan, Timun Mas mulai melemparkan bungkusan pertama yang berisi biji mentimun.

Sungguh ajaib, hutan menjadi ladang mentimun yang lebat buahnya. Raksasa pun menjadi terhambat karena batang timun tersebut terus melilit tubuhnya.

Akan tetapi, si raksasa berhasil melepaskan diri dan mulai mengejar Timun Mas lagi. Lalu, Timun Mas menaburkan kantong kedua yang berisi jarum.

Dalam sekejap tumbuhlah pohon-pohon bambu yang sangat tinggi dan tajam. Dengan kaki yang berdarah-darah karena tertancap bambu tersebut si raksasa terus mengejar.

Timun Mas pun membuka bungkusan ketiga yang berisi garam. Seketika itu hutan pun menjadi lautan luas. Namun, lautan itu dengan mudah dapat dilalui si raksasa.

Jalan yang terakhir, Timun Emas akhirnya membuka bungkusan terakhir yang berisi terasi dan mulai menaburkannya. Seketika itu juga terbentuklah lautan lumpur yang mendidih dan si raksasa tercebur di dalamnya. Akhirnya, raksasa pun mati.

Timun Mas mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sudah diselamatkan dari raksasa yang kejam. Timun Mas dan Mbok Sarni hidup bahagia dan damai.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X