Sejarah Hari Ini: Bom Atom Dijatuhkan di Nagasaki

Kompas.com - 09/08/2020, 12:00 WIB
Kota Kokura luput dari pengeboman pada 9 Agustus 1945, selang beberapa menit bom atom kemudian dijatuhkan di kota Nagasaki. GETTY IMAGES via BBC INDONESIAKota Kokura luput dari pengeboman pada 9 Agustus 1945, selang beberapa menit bom atom kemudian dijatuhkan di kota Nagasaki.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Pada, 9 Agustus 1945 merupakan sejarah dijatuhkannya bom atom di Kota Nagasaki, Jepang.

Bom atom dijatuhkan oleh pasukan Amerika Serikat (AS) dalam Perang Dunia (PD) II. Sebelumnya pada, 6 Agustus 1945 pasukan AS juga telah menjatuhkam bom atom di Kota Hiroshima.

Kondisi tersebut menghancurkan bangunan dan menewaskan puluhan jiwa rakyat Jepang. Kematian dan penyakit akibat radiasi terus meningkat selama beberapa dekade berikutnya.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), Nagasaki dipilih sebagai target bom atom kedua yang dijatuhkan di Jepang oleh Amerika Serikat dalam Perang Dunia II.

Bom tersebut dijatuhkan pada tanggal 9 Agustus 1945, dan menghancurkan bagian terdalam Nagasaki antara 60.000 dan 80.000 orang tewas.

Sekitar 40 persen bangunan kota hancur total atau rusak parah. Sejak Perang Dunia II, kota ini telah dibangun kembali dan penting sebagai pusat spiritual bagi gerakan pelarangan senjata nuklir.

Baca juga: Hiroshima dan Nagasaki, Jadi Kota Maju Setelah Tragedi Bom Atom

Diperingatkan

Sebelum bom atom dijatuhkan ke Hiroshima dan Nagasaki, AS sudah memperingatkan Jepang.

Dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2019) karya Edi Rohani, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom atas persetujuan dari Britania Raya yang tertuang dalam perjanjian Quebec.

Sebelumnya AS bersama Britania Raya dan China meminta pasukan Jepang untuk menyerah tanpa syarat atau menghadapi kehancuran cepat dan besar.

Jepang menolak dan mengabaikan ultimatum tersebut. Sehingga AS menjatuhkan bom atom uranium jenis bedil (Little Boy) di Hiroshima dan bom plutonium jenis implosi ( Fat Man) di Nagasaki.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X