Tujuan Memilih dan Mengolah Buah dengan Cara yang Benar

Kompas.com - 05/08/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi. FREEPIKIlustrasi.

KOMPAS.com - Tujuan memilih dan mengolah buah dengan cara yang benar agar vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

Cara mengolah sayur dan buah yang benar

Mengutip Kemdikbud RI, tujuan pengolahan buah dan sayur dengan cara yang benar agar zat gizinya tidak hilang atau rusak.

Beberapa zat gizi mudah rusak atau hilang, seperti Vitamin B dan Vitamin C yang mudah larut dalam air.

Bagaimana cara mengolah sayur dan buah yang benar? Cara mengolah sayur-sayuran dan buah-buahan agar vitaminnya tidak hilang adalah:

  • Mencuci sayur dan buah dengan air segar dan mengalir serta jangan direndam;
  • Potong-potong sayur dan buah dalam ukuran besar;
  • Masak sayuran jangan terlalu lama;
  • Mengukus sayuran hijau.

Baca juga: Contoh Makanan Sehat dan Tidak Sehat

Penjelasan:

Sayur dan buah-buahan banyak mengandung Vitamin B dan Vitamin C. Sebaiknya, sayur dan buah dicuci dulu dengan air baru dipotong-potong.

Mencuci sayur segar dengan menggunakan air bersih dan mengalir bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan zat yang menimbulkan penyakit.

Vitamin pada sayuran mudah rusak karena pemanasan. Saat merebus sayur, masukkan sayur setelah air mendidih.

Masak sayuran jangan terlalu lama. Karena kandungan vitamin bisa hilang menguap saat direbus. Agar vitamin tidak hilang, gunakan penutup saat merebus sayuran.

Cara mengolah sayuran hijau yang benar adalah dengan mengukus. Agar tidak hilang warna hijaunya dan nilai gizinya tetap ada.

Halaman:

Sumber Kemdikbud,
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X