Kompas.com - Diperbarui 16/12/2021, 16:56 WIB
Ilustrasi.
FREEPIKIlustrasi.

KOMPAS.com - Apa bedanya sifat fisika dan sifat kimia? Perbedaan sifat fisika dan sifat kimia dapat dilihat dari ciri-cirinya. Mengutip Sumber Belajar Kemdikbud RI, berikut adalah perbedaan sifat fisika dan sifat kimia!

Perbedaan sifat fisika dan sifat kimia

Sifat adalah keadaan yang mencirikan suatu zat atau materi. Setiap zat atau materi memiliki sifat fisika dan sifat kimia.

Ciri-ciri Sifat fisika

Sifat fisika adalah perubahan yang dialami suatu benda tanpa membentuk zat baru. Sifat fisika dapat diamati tanpa mengubah zat-zat penyusun materi tersebut. Sifat fisika antara lain:

  1. Wujud zat
  2. Warna zat
  3. Kelarutan
  4. Daya hantar listrik
  5. Kemagnetan
  6. Titik didih dan titik lebur

Ciri-ciri Sifat kimia

Sifat kimia adalah perubahan yang dialami suatu benda yang membentuk zat baru. Sifat kimia adalah ciri-ciri suatu zat yang berhubungan dengan terbentuknya zat jenis baru. Sifat kimia antara lain:

  1. Mudah terbakar
  2. Membusuk
  3. Mudah meledak
  4. Berkarat
  5. Beracun

Baca juga: Zat Campuran dan Macamnya

Contoh Sifat fisika

Sifat fisika dapat diamati dari ciri-ciri sifat fisika berikut ini:

Wujud zat

Zat dapat memiliki tiga macam wujud, yaitu padat, cair dan gas. Susunan partikel zat padat, cair, dan gas berbeda satu dengan yang lain.

Wujud zat padat berubah dari satu bentuk ke bentuk lain. Perubahan wujud disebabkan zat menerima panas atau melepaskan panas. Proses perubahan wujud yaitu melebur, mengembun, menguap, menyublim, dan membeku.

Warna zat

Warna adalah sifat fisika yang dapat diamati secara langsung. Setiap benda memiliki warna berbeda-beda. Warna suatu benda adalah ciri tersendiri yang membedakan antara satu zat dengan zat lain.

Contoh, air berwarna transparan, karbon berwarna hitam, alumunium berwarna perak, dan emas berwarna kuning keemasan.

Kelarutan

Kelarutan atau solubilitas adalah kemampuan zat terlarut (solute), untuk larut dalam suatu pelarut (solvent). Kelarutan suatu zat tergantung pada suhu, derajat keasaman, dan jenis pelarut.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.