Singapura, Satu-satunya Negara di Asia Tenggara yang Tidak Memiliki Hasil Tambang

Kompas.com - 03/08/2020, 14:30 WIB
Negara Singapura www.wikimedia.orgNegara Singapura
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal dengan negara Singapura?

Singapura merupakan salah satu negara maju di dunia yang terletak di Asia Tenggara.

Singapura termasuk negara industri, bahkan menjadi pelopor industri di wilayah Asia Tenggara.

Tahukah kamu jika Singapura merupakan negara yang berada di Asia Tenggara yang satu- satunya tidak memiliki hasil tambang.

Untuk kebutuhannya, Singapura mengimpor barang-barang tambang dari beberapa negara, seperti Indonesia yang merupakan negara kaya akan hasil-hasil tambang.

Penduduk Singapura bertopang pada sektor industri dan jasa.

Baca juga: Berencana ke Singapura Saat Pandemi? Pemerintah di Sana Siapkan Ini 

Singapura, salah satu negara maju yang mengandalkan kondisi industri sebagai sumber kegiatan perekonomian.

Dalam buku Geografi dan Sosiologi (2007) karya Sugiharyanto, pertambangan dan pertanian yang menjadi andalan dari beberapa negara di Asia Tenggara tidak dimiliki Singapura.

Barang-barang tambang yang dipakai untuk kebutuhan impor ke negara lain. Barang-barang tersebut, seperti minta tanah kasar, besa dan baja, atau bahan-bahan mentah manufaktur. Kemudian barang-barang impor tersebut diolah.

Hampir semua daerah Singapura dimanfaatkan untuk dunia pariwisata. Dengan pariwisata, Singapura menjadi tujuan wisatawan dari berbagai negara untuk berlibur.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X