Cerita Singkat Kegiatan Tim Peneliti di Pulau Simeulue, Jawaban Belajar TVRI 3 Agustus SMA

Kompas.com - 03/08/2020, 07:00 WIB
Tangkapan layar Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Senin, 3 Agustus 2020 yang membahas materi mengenai Ekspedisi Bioresources Pulau Simeulue untuk SMA/SMK. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)Tangkapan layar Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Senin, 3 Agustus 2020 yang membahas materi mengenai Ekspedisi Bioresources Pulau Simeulue untuk SMA/SMK.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI kembali hadir.

Pada Program Belajar dari Rumah yang tayang Senin, 3 Agustus 2020 membahas materi mengenai Ekspedisi Bioresources Pulau Simeulue yang berada di Provinsi Aceh untuk tingkat SMA/SMK.

Pada pembahasan materi tersebut terdapat beberapa pertanyaan. Berikut pembahasan materi pertama.

Soal: Ceritakan secara singkat kegiatan apa saja yang dilakukan tim peneliti di Pulau Simeulue!

Jawaban: Pulau Simeulue terpencil yang terletak di sebelah barat Provinsi Aceh. Pulau Simeulue belum banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara atau domestik.

Baca juga: Keanekaragaman Hayati, Pengertian dan Jenisnya

Pulau Simeulue merupakan pulau yang menyimpan beribu potensi wisata maupun sumber ekonomi.

Pulau Simeulue terkenal dengan penghasil cengkeh yang menjadi komoditi ekspor.

Apakah Pulau Simeulue juga surga bagi keanekaragaman hayati Indonesia?

Tim peneliti melakukan pembuatan plot permanen dengan menggunakan petak untuk mengungkap kondisi tegakan vegetasi.

Selain itu tim peneliti melakukan eksplorasi dan menginventarisasi tumbuhan dengan cara sampling pada setiap lokasi yang menggunakan sistem lahan didasarkan pada asumsi keanekaragaman flora yang dipengaruhi oleh habitat yang berbeda.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X