Kompas.com - 30/07/2020, 16:30 WIB
Kegiatan Gerakan Pramuka Indonesia shutterstock.comKegiatan Gerakan Pramuka Indonesia

KOMPAS.com - Gerakan Pramuka adalah Perakan Pendidikan yang komplementer dan suplementer dalam arti melengkapi dan memenuhi pendidikan yang diperoleh pemuda di rumah dan sekolah.

Dalam buku Pendidikan Kepramukaan Berbasis Pendidikan Karakter (2020) karya H Sukiyat, pendidikan dalam kepramukaan terjadi pada saat peserta didik asik melakukan kegiatan yang menarik, rekreatif, dan menantang.

Pada dasarnya pendidikan kepramukaan merupakan proses pembinaan dan pengembangan potensi kaum muda agar menjadi warga negara yang berkualitas.

Selain itu, pendidikan kepramukaan mampu memberikan sumbangan positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat baik nasional maupun internasional.

Baca juga: Sejarah Pramuka Indonesia, Organisasi Kepanduan sejak Era Belanda

Pendidikan kepramukaan secara luas diartikan sebagai proses pembinaan yang berkesinambungan bagi kaum muda, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Pramuka memiliki tiga sifat atau ciri khas, yaitu:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nasional

Pramuka bersifat nasional artinya organisasi yang menyelenggarakan kegiatan pramuka yang diadakan dalam sebuah negara harus menyesuaikan pendidikannya.

Menyesuaikan keadaan, kebutuhan, dan kepentingan masyarakat bangsa, dan negara tersebut.

Bila kondisi negara dalam peperangan, juga tidak menutup kemungkinan pramuka digunakan sebagai penyemat bibit pembela negara yang handal.

Internasional

Organisasi kepramukaan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pramuka dan sesama manusia.

Baca juga: Makna Lambang Pramuka

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X