Kompas.com - Diperbarui 07/07/2022, 12:44 WIB

KOMPAS.com - Biografi adalah tulisan yang berisi perjalanan hidup seseorang. Biografi biasanya menceritakan tokoh-tokoh sukses dan perjalanan mereka mencapainya.

Selain biografi, ada pula yang disebut dengan autobiografi. Tahukah kamu perbedaannya?

Biografi

Biografi berisi kisah seorang tokoh yang ditulis oleh orang lain. Contohnya, buku Galileo Menyingkap Kebenaran yang ditulis oleh Tasman Mahmud.

Biografi biasanya berisi:

  • Latar belakang kelahiran
  • Latar belakang pendidikan
  • Latar belakang keluarga
  • Kiprahnya di bidang ilmu yang ditekuni
  • Gagasan, sikap, dan tindakan tokoh

Autobiografi

Autobiografi berisi kisah seorang tokoh yang ditulis oleh orang itu sendiri. Contohnya Aku Bukan Politikus: Sebuah Autobiografi yang ditulis oleh Ratna Sarumpaet.

Autobiografi biasanya berisi:

  • Informasi tentang masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari yang sulit sampai mencapai keberhasilan.
  • Biasanya menampilkan informasi yang sifatnya positif saja.
  • Informasi yang ditulis biasanya agar masyarakat lebih kenal dan tahu tentang apa yang telah dilakukan selama dirinya hidup. Bisa diambil hikmah dan pelajaran yang berharga.
  • Banyak berisi pandangan atau pendapat tokoh yang diceritakan.

Membedakan biografi dan autobiografi

Perbedaan antara biografi dan autobiografi terletak pada penulisnya. Biografi ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi ditulis oleh diri sendiri.

Untuk membedakan biografi dan autobiografi sangat mudah. Pertama, jika nama pengarangnya sama dengan tokoh yang diceritakan, berarti itu adalah autobiografi. Namun jika nama pengarang berbeda dengan tokoh yang diceritakan, berarti itu biografi.

Kedua, jika dalam penuturan kata ganti yang digunakan adalah "saya" atau "aku", maka kemungkinan besar itu adalah autobiografi.

Namun jika untuk menyebut tokoh digunakan namanya, atau kata ganti "dia", "ia", atau "beliau", maka biasanya itu biografi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.