Reaksi Tubuh Jika Tidak Sengaja Menelan Permen Karet

Kompas.com - 12/07/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi. FREEPIKIlustrasi.

KOMPAS.com - Tidak sengaja menelan permen karet memang tidak berbahaya. Reaksi tubuh jika kita tidak sengaja menelan permen karet adalah mengeluarkannya tetapi dalam waktu lama.

Tahukah kamu apa yang terjadi bila kita secara tidak sengaja menelan permen karet?

Reaksi tubuh jika tidak sengaja menelan permen karet

Mengutip Kidpid, permen karet akan melalui tubuh kita sebagaimana makanan tetapi tidak akan bisa dicerna secara sempurna seperti makanan. Perut manusia tidak akan bisa mencerna permen karet karena terdapat bahan-bahan kimia di dalamn permen karet. 

Meski permen karet bisa keluar dari tubuh bersamaan dengan aktivitas buang air besar. Tetapi para ahli meyakini, permen karet tidak seharusnya ditelan karena tidak mempunyai nilai gizi bahkan orang yang menelan permen karet justru akan menderita.

Ketika kita makan, biasanya terjadi tiga proses dalam tubuh untuk mengubah makanan menjadi bahan bakar yang dibutuhkan tubuh kita.

Baca juga: Formula Pasta Gigi Tertua

Proses pertama adalah mengunyah. Gigi dan lidah bekerja bersama untuk memecah makanan yang kita konsumsi. Proses memecah makanan menjadi potongan-potongan lebih kecil bertujuan agar perut mencerna lebih baik dan lebih mudah.

Air lir akan menutupi potongan-potongan makanan tersebut, mengantarkan enzim yang ada di air liur yang membantu memecah makanan.

Setelah tertelan, asam-asam di perut memecah dan menyerap nutrisi dari makanan. Lalu mengubah makanan yang tersisa menjadi bubur sehingga lewat dengan lancar melalui sistem pencernaan.

Di usus, sisa nutrisi yang tidak terserap di perut menjadi limbah yang akan dikeluarkan dari sistem tubuh kita. Masalahnya, permen karet tidak dicerna seperti makanan. Sebanyak apapun kamu mengunyah, permen karet tidak akan pecah menjadi potongan-potongan kecil.

Permen karet sudah ada di Bumi selama berabad-abad. Permen karet ditemukan di Finlandia. Bangsa Maya Kuno, suku Aztec, dan Yunani akan mengunyah permen karet untuk mencegah rasa lapar. Permen karet juga digunakan sebagai penyegar napas. 

Halaman:

Sumber Kidpid
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X