Sejarah Hari Populasi Dunia

Kompas.com - 11/07/2020, 11:42 WIB
Ilustrasi populasi penduduk SHUTTERSTOCK/ARTHIMEDESIlustrasi populasi penduduk

KOMPAS.com - Suatu populasi didefinisikan sebagai jumlah organisme dari spesies yang sama yang hidup di daerah tertentu. Dalam hal ini, yang dimaksud populasi adalah jumlah manusia yang tinggal di kota, wilayah, negara, atau dunia.

Tepat tanggal 11 Juli, ditandai sebagai Hari Populasi Dunia. Tema tahun ini berdasarkan menjaga kesehatan serta hak perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia, terutama selama masa pandemi Covid-19.

Sejarah Hari Populasi Dunia

Berdasarkan situs resmi United Nations, penetapan hari tersebut muncul pada tahun 1989 dan didirikan oleh Dewan Pengurus Program Pembangunan PBB.

Penetapan Hari Populasi Dunia terinspirasi oleh kepentingan publik terkait Hari Lima Miliar pada 11 Juli 1987. Di mana pada hari tersebut diperkirakan populasi dunia mencapai 5 miliar orang.

Baca juga: 4 Juli, Hari Kemerdekaan Amerika Serikat

Hari Populasi Dunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai berbagai masalah kependudukan, seperti pentingnya keluarga berencan, kesetaraan gender, kemiskinan, kesehatan ibu, dan hak asasi manusia.

Kelebihan populasi di dunia tentu akan meningkatkan masalah pada lingkungan dan pembangunan. Hal ini yang harus diperhatikan oleh masyarakat.

Cara merayakan Hari Populasi Dunia

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah memasstikan bahwa program Keluarga Berencana sudah aman dan menjadi pilihan bagi seseorang yang sudah berkeluarga.

Kemudian menyebarkan berita tentang meningkatkan kesadaran terhadap peningkatan populasi yang tidak terkontrol. Bisa dimulai dengan menulis blog atau media sosial mengenai masalah populasi dan langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatur peningaktan populasi di dunia.

Terakhir, hal yang bisa dilakukan adalah mendidik diri sendir dengan belajar mengenai populasi. Mengerti perkembangan angka populasi terbaru dan sebagainya.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Amerika Serikat

Population DayUnited Nation Population Day
Tema Hari Populasi Dunia 2020

Tema Hari Populasi Dunia 2020 lebih memfokuskan pada kesehatan serta hak perempuan dan anak perempuan. Terlebih adanya pandemi Covid-19, di mana banyak perempuan tenaga medis yang menjadi garda terdepan.

Penelitian United Nations Population Fund (UNFPA) baru-baru ini mencatat bahwa 47 juta wanita di negara berpenghasilan rendah dan menengah kemungkinan tidak dapat mengakses atau membeli kontrasepsi modern.

Baca juga: Sejarah Hari Keluarga Nasional

Hal tersebut mengakibatkan adanya 7 juta kehamilan yang tidak diinginkan. Sedangkan 31 juta kasus tambahan kekerasan berbasis gender muncul ke permukaan.

Selain itu, banyak perempuan secara tidak proporsional bekerja di pasar tenaga kerja yang tidak aman dan terdampak ekonomi karena Covid-19. Hampir 60 persen wanita di seluruh dunia bekerja di ekonomi informal, dengan risiko lebih besar untuk jatuh ke dalam kemiskinan.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X