Pengaruh Keunggulan Tanah bagi Kegiatan Ekonomi

Kompas.com - 10/07/2020, 15:45 WIB
Lahan perkebunan tembakau di Desa Puyung, Lombok Tengah KOMPAS.com/YOGA SUKMANALahan perkebunan tembakau di Desa Puyung, Lombok Tengah
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Bangsa Indonesia memiliki tanah yang subur. Di mana dampak dari letak geologis Indonesia yang banyak aktivitas gunung berapi yang menghasilkan tahah vulkanik.

Tanah vulkanik terbentuk dari lahar dan abu. Lahar dan abu kaya akan mineral, seperti zat besi, kalsium, megnesium, sodium, atau silikon.

Kondisinya tersebut cukup bagus untuk kegiatan ekonomi di bidang pertanian dan perkebunan. Hasil yang diraih pun cukup bagus.

Pengaruh tanah terhadap kegiatan ekonomi

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pengaruh keunggulan iklim dan tanah mampu di Indonesia mampu menghasilkan aktivitas produksi pertanian.

Lewat produksi pertanian dapat menghasilkan menghasilkan aktivitas distribusi. Adanya kegiatan distribusi akan menciptakan kegiatan ekonomi konsumsi di masyarakat.

Baca juga: Pengaruh Keunggulan Iklim terhadap Kegiatan Ekonomi 

Lancarnya ketiga kegiatan ekonomi tersebut berpengaruh positif pada pembangunan dan pertumbuhan ekonomi suatu Negara.

Kesuburan tanah yang dimiliki Indonesia menyebabkan masyarakat dapat mengolah tanahnya untuk kegiatan ekonomi.

Keberadaan musim di Indonesia yang berganti tiap enam bulan memungkinkan berbagai tanaman mudah tumbuh dan berkembang.

Ada tanaman yang dapat ditanam setiap waktu, ada yang hanya pas musim penghujan atau musim kemarau.

Kondisi Indonesia berbeda dengan bangsa-bangsa Eropa yang memiliki empat musim, yakni musim dingin, musim panas, musim semi, dan musim gugur.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X