Kompas.com - 09/07/2020, 20:30 WIB
Suasana panen teh di Kebun Teh Bah Butong di Sidamanik, Simalungun. Balai Karantina Pertanian Belawan, Kementrian Pertanian RI mencatat hingga semester I/2020,  sebanyak 461 ton teh (Camellia sinensis) senilai Rp 10,4 miliar menembus pasar ekspor ke 9 negara. Dok. Balai Karantina Pertanian BelawanSuasana panen teh di Kebun Teh Bah Butong di Sidamanik, Simalungun. Balai Karantina Pertanian Belawan, Kementrian Pertanian RI mencatat hingga semester I/2020, sebanyak 461 ton teh (Camellia sinensis) senilai Rp 10,4 miliar menembus pasar ekspor ke 9 negara.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Indonesia memiliki iklim tropis yang dilalui dua angin muson, yakni angin muson barat dan angin muson timur.

Angin muson angin yang bertiup secara musiman yang berubah-ubah setiap periode enam bulan.

Dengan beriklim tropis berdampak positif dan memiliki keunggulan terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

Kegiatan ekonomi merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan atau memenuhi kebutuhannya.

Setiap tindakan yang melibatkan produksi, distribusi, dan konsumsi atau layanan.

Baca juga: Kegiatan Ekonomi dan Jenis Kegiatannya

Keunggulan Iklim tropis bagi kegiatan ekonomi

Indonesia yang memiliki iklim memiliki pengaruh keunggulan terhadap kegiatan ekonomi.

Berikut keunggulan dari iklim muson tropis:

  • Adanya hujan yang cukup (curah hujan tidak terlalu besar)
  • Kondisi suhunya normal, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin
  • Adanya musim hujan dan kemarau.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ciri iklim tropis sendiri adalah suhu udara yang tinggi sepanjang tahun, yaitu sekitar 27 derajat celsius.

Di daerah tropis tidak ada perubahan yang jauh antara musim dingin dan musim panas.

Kondisi itu membuat manusia melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun dengan memprediksi dan mengatur waktu yang tepat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X