Kompas.com - 09/07/2020, 18:00 WIB
Kolonialisme dan imperialisme kemdikbud.go.idKolonialisme dan imperialisme

KOMPAS.com - Sebagai negara yang memiliki ragam rempah dan laut yang luas, Indonesia menjadi salah satu tujuan penjajah untuk merebut kekuasaan.

Penjajahan yang terjadi di Indonesia, khususnya dari bangsa Eropa, erat kaitannya dengan kolonialisme dan imperialisme. Dua hal tersebut memiliki perbedaan, namun saling melengkapi.

Lalu apa pengertian kolonialisme dan imperialisme?

Pengertian kolonialisme

Dikutip dari Hermeneutika Pascakolonial (2004) karya Mudji Sutrisno, kolonialisme berasal dari kata latin colonia artinya pertanian atau permukiman. Pengertian kolonialisme adalah politik yang dijalankan mengenai suatu koloni, suatu bagian dari imperium.

Awalnya hal ini dikaitkan dengan oang-orang Romawi yang bermukim di negeri-negeri lain dengan tetap mempertahankan kewarganegaraan mereka.

Baca juga: Alasan Kedatangan Eropa ke Indonesia

Kata kolonialisme kemudian diartikan sebagai penaklukan dan penguasaan atas tanah dan harta penduduk asli oleh penduduk pendatang.

Dalam membentuk permukiman baru terjadi hubungan yang kompleks dan traumatik dalam sejarah anatara penduduk lama dengan pendatang baru.

Terkadang pembentukan komunitas (koloni) baru ini ditandai dengan usaha membubarkan dan membentuk kembali komunitas yang sudah ada dengan melibatkan praktek perdagangan, penjarahan, pembunuhan massal, perbudakan, dan pemberontakan.

Sistem penguasaan ini umumnya ditandai dengan kewajiban daerah-daerah koloni membayar pajak atau upeti kepada kerajaan pusat.

Sejarah perkembangan kolonialisme ketika Vasco da Gama dari Portugis berlayar ke India pada 1498. Di awali dengan pencarian jalan ke timur untuk mencari sumber rempah-rempah, sehingga perlombaan mencari tanah jajahan dimulai.

Baca juga: Penemuan Kompas, Mendorong Bangsa Eropa lakukan Penjelajahan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X