4 Juli, Hari Kemerdekaan Amerika Serikat

Kompas.com - 04/07/2020, 08:15 WIB
Lukisan terkenal karya John Trumbull ini kerap dianggap menggambarkan suasana penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan AS tetapi sesungguhnya menggambarkan komite perancang deklarasi sedang melaporkan pekerjaannya kepada Kongres. WikipediaLukisan terkenal karya John Trumbull ini kerap dianggap menggambarkan suasana penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan AS tetapi sesungguhnya menggambarkan komite perancang deklarasi sedang melaporkan pekerjaannya kepada Kongres.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Hari ini 4 Juli 2020, menjadi hari yang bersejarah bagi rakyat Amerika Serikat (AS).

Karena merupakan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) (Independence Day atau Fourth of July) yang terbebas dari kaum koloni penjajahan Inggris.

Pada, 4 Juli 1776, Kongres Kontinental mengeluarkan Deklarasi Kemerdekaan Amerika yang di tanda tangani oleh Thomas Jefferson.

Peristiwa tersebut kemudian diabadikan sebagai Hari Kemerdekaan Amerika Serikat.

Isi Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat: 

"Kami menganggap kebenaran-kebenaran ini mutlak, bahwa semua orang diciptakan sama, bahwa mereka oleh Tuhan dikaruniai beberapa hak tertentu yang tak dapat diganggu gugat, bahwa di antaranya ialah hidup, kemerdekaan, dan usaha mencapai kebahagiaan. Bahwa untuk melindungi hak-hak itu, pemerintah harus didirikan oleh orang-orang yang menerima kekuasaannya dengan persetujuan mereka yang diperintah, bahwa manakala suatu pemerintah justru merusak tujuan-tujuan ini, maka adalah hak rakyat untuk mengubah atau menghapusnya, dan mendirikan suatu pemerintahan baru." 

Baca juga: Penyebab Terjadinya Revolusi Perancis

 

Revolusi Amerika

Kemerdekaan Amerika Serikat tidak lepas adanya peristiwa revolusi Amerika. Revolusi Amerika yang terjadi pada 1776 merupakan episode terbebasnya dari kaum kolonis dari penjajahan Inggris.

Inggris sudah berada di Amerika Serikat sejak 1587. Kedatangan mereka ke Amerika untuk mengambil sumber daya alam, seperti tembakau.

Awalnya hubungan antara warga Inggris dan AS baik-aik saja. Namun, warga AS mulai memberontak sehingga timbulnya Revolusi Amerika.

Warga AS mengeluh karena Inggris telah menetapkan pajak yang tinggi dan itu sangat memberatkan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X