Kompas.com - Diperbarui 27/01/2022, 16:15 WIB
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Perdagangan didefinisikan sebagai pertukaran barang dan jasa atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat yang didasarkan atas kehendak sukarela dari masing-masing pihak. 

Suatu interaksi antarnegara dalam bentuk jual-beli barang maupun jasa atas dasar kesepakatan bersama disebut perdagangan internasional.

Dalam buku Perdagangan Internasional (2018) oleh Wahono Diphayana, perdagangan internasional adalah transaksi bisnis antara pihak-pihak lebih dari satu negara atas dasar kesepakatan. 

Contoh dari perdagangan internasional seperti ekspor produk dari suatu negara ke negara lain, investasi pembangunan pabrik di negara asing.

Kemudian pembelian bahan baku dari luar negeri, memproduksi salah satu bagian produk di luar negeri dan merakitnya di dalam negeri.

Baca juga: Kebijakan Perdagangan Internasional Bidang Ekspor dan Impor

Tujuan Perdagangan Internasional

Berdasarkan situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, tujuan perdagangan internasional adalah untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan tersebut. 

Kegiatan perdagangan internasional identik dengan ekspor dan impor. Di mana kegiatan tersebut tidak hanya aktivitas jual-beli, melainkan juga memperluas lapangan kerja. Bahkan menghasilkan devisa negara dan keuntungan lain dibidang politik, sosial budaya, dan pertahanan. 

Contohnya itu dalam penjualan barang barang elektronik. Indonesia memperoleh keuntungan berupa terpenuhinya kebutuhan masyarakat terhadap barang tersebut. Sementara bagi negara produsen mendapat keuntungan berupa devisa dari penjualan barang tersebut. 

Pentingnya Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional menjadi kegiatan yang penting bagi setiap negara karena selain saling melengkapi kebutuhan antarnegara, hubungan internasional pun juga semakin erat. 

Baca juga: Hubungan Teori Keunggulan Mutlak dengan Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional disambut antusias oleh semua negara, terlebih saat ini masuk ke era perdagangan bebas dan globalisasi ekonomi. 

Di mana ditandai dengan liberalisasi perdagangan dan investasi, kemajuan yang sangat pesat di bidang komunikasi, informasi dan transportasi. Perdagangan internasional merupakan aplikasi pelaksanaan perdagangan internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.