Definisi dan Tujuan Perdagangan Internasional

Kompas.com - 03/07/2020, 16:45 WIB
Ilustrasi. Perdagangan Internasional dan Manajemen Operasi DOK. MDISIlustrasi. Perdagangan Internasional dan Manajemen Operasi
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Perdagaan internasional adalah perdagangan barang atau jasa yang dilakukan antar negara atas dasar kesepakatan.

Tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi oleh suatu negara karena keterbatasan sumber daya alam yang dimilikinya.

Sehingga dilakukan perdagangan internasional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada suatu negara.

Dalam buku Perdagangan Internasional (2018) karya Wahono Diphayana, perdagangan dapat didefinisikan sebagai pertukaran barang dan jasa atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat yang didasarkan atas kehendak sukarela dari masing-masing pihak.

Sementara perdagangan internasional dapat didefinisikan sebagai transaksi bisnis antara pihak-pihak lebih dari satu negara.

Transaksi bisnis itu contohnya seperti ekspor produk dari suatu negara ke negara lain, investasi pembangunan pabrik di negara asing.

Baca juga: Peluang Profesi Jurusan Manajemen Bandara dan Perdagangan Internasional

Kemudian pembelian bahan baku dari luar negeri, memproduksi salah satu bagian produk di luar negeri dan merakitnya di dalam negeri.

Negara sebenarnya tidak berdagang atau berbisnis dengan negar lain, yang melakukan perdagangan atau bisnis adalah penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. 

Penduduk bisa seorang warga negara biasa, sebuah perusahaan, lembaga pemerintah, atau sebuah organisasi nirlaba.

Pentingnya Perdagangan Internasional

Perdagangan intrnasional menjadi hal yang penting bagi tiap negara. Apalagi saat ini dalam era perdagangan bebas dan globalisasi ekonomi.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X