Pembelahan Meiosis dan Tahapan Pembelahan Meiosis

Kompas.com - 03/07/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi. FREEPIK/NORMAALSIlustrasi.

KOMPAS.com - Pembelahan meiosis berfungsi untuk menghasilkan sel gamet (sel telur dan sel sperma). Tahapan pembelahan meiosis berlangsung dalam 2 tingkat, yaitu meiosis I dan meiosis II.

Berikut ini penjelasannya:

Pembelahan meiosis

Mengutip Kemdikbud RI, menurut teori sel, semua sel hidup berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya (omnis cellula e cellula).

Teori ini dinyatakan oleh Rudolf Virchow pada 1855. Pembentukan sel-sel baru atau anakan dari sel yang sudah ada sebelumnya dapat terjadi melalui proses pembelahan sel.

Jenis pembelahan sel ada dua macam yaitu pembelahan mitosis dan meiosis.

Pembelahan meiosis hanya terjadi pada organ kelamin. Pembelahan meiosis berfungsi untuk menghasilkan sel gamet (sel telur dan sel sperma).

Melalui pembelahan ini akan dihasilkan sel anak yang mempunyai kromosom setengah dari kromosom sel induk.

Pembelahan meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel anakan yang masing-masing sel memiliki separuh dari jumlah kromosom sel induk.

Jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah n atau disebut haploid. Maka, pembelahan sel meiosis disebut sebagai pembelahan reduksi.

Baca juga: Pembelahan Sel: Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Fase-fase pembelahan meiosis

Pembelahan meiosis mirip dengan fase-fase pembelahan mitosis. Tahapan pembelahan meiosis berlangsung dalam 2 tingkat, yaitu:

Halaman:

Sumber Kemdikbud
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X