Zaman Prasejarah Berdasarkan Arkeologi

Kompas.com - 02/07/2020, 14:40 WIB
Puluhan menhir di Bori Kalimbuang, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYAPuluhan menhir di Bori Kalimbuang, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

KOMPAS.com - Informasi mengenai sejarah berasal dari sumber-sumber sejarah yang terdiri atas sumber lisan yang merupakan keterangan langsung maupun sumber tertulis.

SUmber tertulis merupakan keterangan yang diperoleh melalui peninggalan-peninggalan tertulis yang mencatat peristiwa yang terjadi di masa lampau. Misalnya, prasasti, dokumen, naskah, kaligrafi, laporan, surat kabar, dan lainnya.

Berdasarkan buku Arkeologi Budaya Indonesia (2002) karya Yakob Sumarjo, informasi mengenai sejarah juga bisa didapat dari benda kebudayaan peninggalan-peninggalan zaman prasejarah.

Misalnya alat dari batu, senjata, candi, bangunan gedung, patung, dan masih banyak lainnya. Bahkan selain itu, sumber lain yang dapat memberikan infomrasi kehidupan zaman prasejarah antara lain fosil dan artefak.

Zaman prasejarah berdasarkan arkeologi terbagi menjadi dua zaman, yaitu:

Zaman batu

Berdasarkan hasil temuan alat-alat yang digunakan dan cara pengerjaannya, pada zaman batu terbagi menjadi empat, sebagai berikut:

Baca juga: Zaman Masa Praaksara di Indonesia

  • Palaeolithikum (batu tua)

Pada zaman ini kehidupan manusia sangat tergantung pada alam dan berpindah-pindah tempat (nomaden). Makanan didapat dari sumber makanan yang ada di sekitar tempat tinggal.

Tempat tinggal manusia pada masa tersebut kebanyakan dekat dengan sumber air, banyak pohon dan berelief.

Alat yang digunakan pun masih sederhana atau terbilang seadanya, yaitu dari batu atau tulang hewan hasil buruan.

  • Mesolithikum (batu madya)

Pada zaman ini, manusia masih berpindah-pindah, namun sudah mencari tempat di gua-gua. Makanan didapat dengan cara berburu hewan-hewan liar dan buah-buahan dari pohon di hutan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X