Kompas.com - 27/06/2020, 18:15 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCK/DMTRYLOBANOVIlustrasi.

KOMPAS.com - Mengapa makanan membuat kita bahagia? Menurut penelitian, ada hubungan antara makanan dan kebahagiaan. Berikut ini penjelasannya:

Makanan dan kebahagiaan

Mengutip Make Everybody Happy, makanan dan kebahagiaan memiliki hubungan erat. Mulai dari kesenangan saat memasak, makan hingga perubahan kimia otak akibat makanan. Kita dapat menggunakan makanan untuk membuat diri kita lebih bahagia.

Makan adalah salah satu kesenangan hebat dalam hidup. Menikmati makanan favorit kita bisa menjadi kesenangan nyata dan sesuatu yang membuat hidup benar-benar terasa berharga.

Makanan memengaruhi pusat kesenangan dan penghargaan di otak manusia sebagaimana kinerja obat-obatan. Artinya, baik obat-obatan maupun makanan dapat menyebabkan manusia mengalami masalah atau kebahagiaan.

Baca juga: Mengapa Fast Food Tidak Sehat?

Orang-orang yang tidak bahagia seringkali melampiaskan ketidakbahagiaan melalui makanan untuk mengisi lubang dalam hidupnya.

Orang yang tidak bahagia dan menggunakan makanan untuk menenangkan diri. Karena semua makanan melepaskan energi dengan sangat cepat ke dalam aliran darah seperti es krim, pasta atau kentang tumbuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Makan es krim dapat membuat kamu merasa lebih baik untuk sementara waktu. Tetapi kamu akan merasa lebih buruk dari sebelumnya. Akibatnya, kamu membutuhkan lebih banyak es krim untuk memperbaiki keseimbangan.

Jadi, tubuh akan mendambakan jumlah makanan manis berlemak lebih besar untuk mencoba menyeimbangkan suasana hati kita.

Baca juga: Benarkah Manusia Perlu Minum Susu Tiap Hari?

Makanan juga memengaruhi perilaku kita. Penelitian menunjukkan, makan makanan selain makanan manis berlemak, seperti buah dan sayuran segarm, dapat meningkatkan perilaku kita menjadi lebih baik.

Memasak juga bisa menjadi sumber kebahagiaan kita. Ketika mengalami hari yang sulit, kamu bisa melampiaskan dengan memotong bahan-bahan makanan untuk membuat makanan enak.

Halaman:

25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X