Kompas.com - 24/06/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi teks eksposisi shutterstock.comIlustrasi teks eksposisi

KOMPAS.com - Teks memiliki banyak bentuk dan jenis yang dapat digunakan dalam berbagai kegiatan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, teks merupakan naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang, kutipan Kitab Suci, atau bahan tertulis untuk dasar memberikan pelajaran, pidato, dan sebagainya.

Salah satu teks tersebut adalah teks eksposisi. Menurut Taufiqur Rahman dalam Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2017), teks eksposisi adalah teks yang menjelaskan atau memaparkan segala informasi tertentu sehingga menambah pengetahuan dari pembaca.

Struktur teks eksposis

Teks eksposisi memiliki struktur yang harus dilakukan sebagai langkah menulisnya. Berikut struktur teks eksposisi dan penjelasannya:

  • Tesis

Tesis merupakan suatu bagian yang memiliki isi tentang sudut pandang dari penulis terhadap setiap permasalahan yang akan diangkat.

Baca juga: Pengertian Teks Eksposisi

Istilah tesis ini berdasarkan suatu bentuk pernyataan atau disebut sebagai teori yang akan diperkuat oleh sebuah argumen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagian ini merupakan sesuatu yang penting dan muncul di awal teks, meskipun terdapat kemungkinan bisa diletakkan kembali di bagian akhir (sebuah penegasan ulang)

  • Argumentasi

Argumentasi merupakan suatu bentuk bukti atau alasan yang digunakan untuk memperkuat pendapat dalam sebuah tesis.

Pada umumnya argumentasi juga bisa digunakan untuk menolak suatu pernyataan pada tesis.

Argumentasi bisa berupa pernyataan umum atau generalisasi. Bisa juga berupa data sebuah hasil temuan penelitian, pernyataan dari para ahli atau fakta-fakta yang didasari dari referensi yang bisa dipercaya.

  • Penegasan ulang (simpulan)

Penegasan ulang adalah bagian terakhir dari struktur teks eskposisi. Bagian ini mengandung pernyataan simpulan yang menegaskan kembali tesis pada awal teks.

Hal ini dapat dibuktikan atau bisa diperkuat oleh unsur argumen yang ada di poin kedua.

Siswa SMPN 21 Batang Hari, Jambi. sedang melakukan pembelajaran menggunakan Graphic organizer (GO) yang dikembangkan Metty Hartina, guru bahasa Indonesia untuk melatih siswa terampil dalam mengidentifikasi informasi teks eksposisi.DOK. TANOTO FOUNDATION Siswa SMPN 21 Batang Hari, Jambi. sedang melakukan pembelajaran menggunakan Graphic organizer (GO) yang dikembangkan Metty Hartina, guru bahasa Indonesia untuk melatih siswa terampil dalam mengidentifikasi informasi teks eksposisi.
Kaidah kebahasaan teks eksposisi

Teks eksposisi memiliki kaidah kebahasaan sebagai berikut:

  • Menggunakan pronomina
  • Menggunakan konjungsi
  • Menggunakan kata leksiokal tertentu (kata yang merujuk pada kamus)

Baca juga: Jenis-Jenis Teks Eksposisi dan Cirinya

Langkah menulis teks eksposisi

Langkah menulis teks eksposisi, sebagai berikut:

  1. Tentukan topik yang akan dibahas
  2. Mengumpulkan data dan fakta yang berkaitan dengan topik yang sudah ditentukan
  3. Menyusun kerangka teks eksposisi berdasarkan strukturnya, yaitu tesis (pernyataan umum), rangkaian argumen, dan penegasan ulang.
  4. Mengembangkan kerangka teks eksposisi yang telah disusun. Perhatikan aspek kebahasaan dalam mengembangkan kerangka teks.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber KBBI
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.