Apa Itu Present Tense?

Kompas.com - 12/06/2020, 14:54 WIB
Present Tense shutterstock.comPresent Tense

KOMPAS.com - Tenses adalah suatu persesuaian antara bentuk kalimat untuk menjelaskan suatu peristiwa dari suatu predikat waktu.

Secara sederhana tenses dibagi ke dalam empat pembagian waktu, salah satunya present tense.

Dalam buku Kuasai Materi Bahasa Inggris (2015) karya Sinta Sasika Novel, present dalam kamus bahasa inggris artinya masa kini.

Maka tenses yang menggunakan kata present digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa yang terjadi di masa kini atau sedang berlangsung. Dalam penggunaan present juga terbagi menjadi empat, yaitu:

Simple Present Tense

Simple Present Tense digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang terjadi di masa kini. Selain itu, Simple Present Tense juga digunakan untuk:

  • Kebiasaan atau peristiwa yang terjadi di setiap hari (habitual action) atau suatu kegiatan yang sudah terjadwal. Kata kerja (verb) yang sering digunakan antara lain, arrive, begin, close, finish, open, dan lainnya.

Contoh kalimat:

I take a bath twice a day
The train arrives at 8.00 am

Baca juga: Penggunaan To Be: Is, Am, dan Are

  • Mengungkapkan suatu kebenaran umum (general truth).

Contoh kalimat:

The sun rises in the east
Five and three make eight

Keterangan waktu (adverb) yang sering digunakan, antara lain:

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X