Rute Pelayaran Ferdinand Magelhaens

Kompas.com - 06/06/2020, 19:45 WIB
Ilustrasi. FREEPIK/ROMZAIIlustrasi.

KOMPAS.com - Rute pelayaran Ferdinand Magelhaens adalah mulai dari Spanyol pada 1519 melewati Samudera Atlantik, menyusuri Amerika, melintasi Samudera Pasifik sampai ke Kepulauan Massava (Filipina) pada 1521.

Rute pelayaran Ferdinand Magelhaens

Ferdinand Magelhaens bersama Kapten Juan Sebastian del Cano dan sastrawan Italia Pigafetta melakukan ekspedisi mencari daerah penghasil rempah-rempah.

Mengutip Fundamental Oseanografi (2017) karya Defri Yona, Aida Sartimbul, dkk, tujuan utama penjelajahan ini adalah mencari rute pelayaran baru ke pelabuhan perdagangan di Timur jauh.

Melansir Encyclopaedia Britannica, Ferdinand Magelhaens disebut juga Ferdinand Magellan (Inggris), Fernao de Magalhaes (Portugal/Portugis), atau Fernando de Magallanes atau Hernando de Magallanes (1480-1521).

Ferdinand Magelhaens berlayar untuk raja Spanyol Charles I (kemudian Kaisar Romawi Suci Charles V).

Sesuai isi Perjanjian Tordesillas, bangsa Spanyol berlayar ke arah barat melalui Samudera Atlantik pada 10 Agustus 1519 dan sampai di Kepulauan Massava (Filipina) pada 1521.

Rute pelayaran Ferdinand Magelhaens adalah Spanyol - Samudera Atlantik - pantai timur Benua Amerika - selat di ujung selatan Benua Amerika (diberi nama Selat Magellan) - Samudera Pasifik - Kepulauan Massava (Filipina).

Penjelajahan Magellan membuktikan bahwa:

  • Bumi itu bulat;
  • Rute baru dari Eropa ke daerah Timur melalui arah barat;
  • Membuka Samudera Pasifik untuk eksplorasi dan perdagangan baru.

Baca juga: Perjanjian Tordesillas, Ketika Spanyol dan Portugis Membagi Dunia

Rute pelayaran Ferdinand Magelhaens (Ferdinand Magellan).BRITANNCIA Rute pelayaran Ferdinand Magelhaens (Ferdinand Magellan).

Penjelasan:

Pada 20 September 1519, Magellan berlayar dari Sanlucar de Barrameda, di Spanyol barat daya, mengomandoi lima kapal kecil.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X