Kompas.com - Diperbarui 20/01/2022, 12:18 WIB
Narasi bertuliskan migrasi bangsa Austronesia, diperkirakan sebagai nenek moyang bangsa Indonesia, Museum Bahari, Jakarta, Sabtu (30/11/2019). Nicholas Ryan AdityaNarasi bertuliskan migrasi bangsa Austronesia, diperkirakan sebagai nenek moyang bangsa Indonesia, Museum Bahari, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Indonesia terdiri dari berbagai macam ras suku, agama, dan budaya. Keberagaman tersebut tentu tidak hanya datang dari dalam daja, melainkan juga adanya pengaruh dari luar. 

Lalu bagaimana dengan asal usul nenek moyang di Indonesia? Apakah keberagaman yang ada di Indonesia dikarenakan adanya asal nenek moyang berbeda-beda atau sebenarnya hanya dari satu nenek moyang saja? 

Ada beberapa teori yang disampaikan para ahli sejarah mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Berikut empat teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

Teori Nusantara

Dalam Tepri Nusantara menyebutkan jika nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari wilayah kepulauan Indonesia.

Tidak berasal dari luar dan mereka menetap serta berkembang di wilayah Indonesia itu sendiri. 

Di mana teori tersebut didasarnya pada banyaknya fosil manusia purba yang ditemukan di Indonesia. Tokoh-tokoh pendukung teori Nusantara seperti M. Yamin, Sutan Takdir Alisjahbana, Gorys Keraf.

Baca juga: Persebaran Nenek Moyang Indonesia

Dalam teori tersebut dikatakan bahwa bangsa Melayu merupakan bangsa yang berperadaban tinggi. Selain itu adanya kemungkinan jika orang Melayu adalah keturunan dari Homo soloensis dan Homo wajakensis.

Teori Yunan

Berdasarkan Teori Yunan, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, China Selatan. Hal ini berlandaskan penemuan kapak tua di Nusantara yang memiliki kesamaan dengan kapak di Asia Tengah. 

Bahasa Melayu yang berkembang di Nusantara juga sama dengan bahasa Champa Kamboja. 

Teori Out of Taiwan

Teori Out of Taiwan merupakan teori yang menerangkan jika manusia yang berada di Indonesia terbentuk berasal dari Taiwan bukan China.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.