Sejarah Peradaban India Kuno

Kompas.com - 29/05/2020, 11:30 WIB
peradaban india kuno Encyclopaedia Britannicaperadaban india kuno
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Peradaban India Kuno merupakan peradaban yang terletak di sepanjang Sungai Indus.

Di mana berpusat di Kota Mohenjodaro dan Harappa. Peradaban India Kuno diperkirakan sudah ada sekitar 2500 sebelum masehi.

Pada masa itu Kota Mohenjodaro dan Harappa sudah tertata rapi. Penduduk yang dari peradaban tersebut adalah bangsa Dravida.

Bangsa Dravida memiliki ciri-ciri tubuh pendek, hidung pesek, rambut keriting hitam dan kulit berwarna hitam.

Di mana bangsa Dravida telah membangun saluran pembuangan dengan dilengkapi saluran sanitasi.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), peradaban India disebut juga peradaban lembah Indus atau peradaban Harappa. Peradaban tersebut diperkirakan sudah ada sekitar 2500-1700 sebelum masehi.

Peradaban Indus diketahui terdiri dari dua kota besar, Mohenjodaro dan Harappa, dan lebih dari 100 desa. Dua kota tersebut awalnya masing-masing sekitar 1 mil atau 1,6 kilometer persegi.

Baca juga: Misteri Runtuhnya Peradaban Lembah Sungai Indus di Himalaya Terkuak

Tata kota

Dalam buku India Kuno (2008) karya Maryani, pada saat itu Kota Mohenjodaro berkembang menjadi kota seperti halnya Mesopotamia, Mesir Kuno dan Yunani.

Mohanjodaro memiliki arti gundukan mati. Letak Mohanjodaro berada di Provinsi Sindh, tepatnya di atas daerah Pleistocene dan ditengah dataran Sungai Indus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X