Peraturan Sepak Bola

Kompas.com - 28/05/2020, 19:00 WIB
Gelandang Mainz Jerman Danny Latza dan pemain depan Leipzig Leipzig dari Denmark Yussuf Poulsen (kiri) dan gelandang Leipzig dari Austria Konrad Laimer (kanan) bersaing untuk bola selama pertandingan sepak bola Bundesliga divisi satu Jerman Mainz 05 vs RB Leipzig di Mainz, barat daya Jerman pada 3 Mei , 2019. AFP/DANIEL ROLANDGelandang Mainz Jerman Danny Latza dan pemain depan Leipzig Leipzig dari Denmark Yussuf Poulsen (kiri) dan gelandang Leipzig dari Austria Konrad Laimer (kanan) bersaing untuk bola selama pertandingan sepak bola Bundesliga divisi satu Jerman Mainz 05 vs RB Leipzig di Mainz, barat daya Jerman pada 3 Mei , 2019.

KOMPAS.com - Sepak bola menjadi olahraga terfavorit di seluruh dunia. Sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan menendang bola untuk diperebutkan para pemain.

Dalam permainan ini, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan.

Dalam buku Mengenal Olahraga Sepak Bola (2012) karya Lutfi Avianto, Organisasi sepak bola dunia, FIFA sudah menetapkan peraturan resmi yang digunakan oleh seluruh dunia dalam setiap pertandingan sepak bola.

Setiap organisasi, baik itu klub maupun negara yang menjadi anggota FIFA harus merujuk pada peraturan FIFA sebagai pengelola dan badan induk sepak bola dunia.

Baca juga: Permainan Sepak Bola

Selain peraturan mengenai ukuran lapangan dan bola untuk permainan sepak bola terdapat beberapa peraturan lainnya, sebagai berikut:

  • Peraturan jumlah pemain

Jumlah pemain dalam sepak bola adalah 11 orang termasuk dengan penjaga gawang setiap timnya.

Jumlah tim tidak boleh lebih dan kurang dari 7 orang dalam tim. Beberapa peraturan lainnya seperti di bawah ini:

  1. Jumlah pemain maksimal keluar lapangan (tidak termasuk cedera) sebanyak 4 orang.
  2. Jumlah pemain cadangan maksimal 12 orang
  3. Jumlah wasit 1 orang
  4. Jumlah hakim garis 2-4 orang
  5. Batas jumlah pergantian pemain sebanyak 3 orang. Kecuali pertandingan uji coba, di mana jumlah pemain pengganti bisa dimusyawarahkan kedua tim yang harus diinformasikan kepada wasit sebelum pertandingan dimulai.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X