Kompas.com - 28/05/2020, 13:00 WIB
Keindahan alam nusantara. Potensi sumber daya alam Indonesia hutan dan pemanfaatannya agar Indonesia menjadi negara maju. KLHKKeindahan alam nusantara. Potensi sumber daya alam Indonesia hutan dan pemanfaatannya agar Indonesia menjadi negara maju.

KOMPAS.com - Potensi sumber daya alam Indonesia adalah hutan, laut, minyak bumi, gas alam dan batu bara. Dapat dilakukan upaya pemanfaatan potensi SDA Indonesia untuk menjadi negara maju.

Mengutip Kemdikbud RI, kekayaan sumber daya alam Indonesia adalah hutan, lautan, minyak bumi, gas alam, dan batu bara. Berikut ini penjelasan potensi sumber daya alam hutan:

Potensi sumber daya alam Indonesia hutan

Kekayaan hutan Indonesia salah satu terbesar di dunia selain Brazil dan Zaire. Berdasar data Kementerian Kehutanan RI, pada 2011 hutan Indonesia sekitar 99,6 juta hektar.

Tetapi luas hutan semakin menurun. Laju kerusakan hutan Indonesia sekitar 610.375,92 hektar per tahun dan tercatat sebagai tiga terbesar di dunia.

Indonesia menjadi pengekspor hasil hutan ke sejumlah negara seperti Malaysia dan Jepang. Karena luas hutan di tiap negara beragam dan tidak semua negara punya sumber daya hasil hutan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Hasil hutan meliputi kayu dan kekayaan sumber daya hayati yang hidup di dalamnya. Hutan menjadi sumber pangan dan obat-obatan. Keanekaragaman hayati hutan di Indonesia sangat tinggi dibanding negara-negara lain.

Baca juga: Potensi Lokasi Indonesia dan Upaya Pemanfaatannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis hutan

Hutan di Indonesia dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu hutan produksi, hutan konservasi, dan hutan lindung. Berikut ini penjelasan tiga jenis hutan di Indonesia:

  • Hutan produksi

Hutan produksi adalah hutan yang sengaja ditanam untuk diambil kayunya. Hutan produksi mencapai 69,4 juta hektar (milik BUMN dan swasta melalui Hak Pengusahaan Hutan/HPH).

Hasil hutan yang dimanfaatkan berupa kayu dan nonkayu. Hasil hutan non kayu adalah buah-buahan, getah dan resin, madu, rotan, terpentin, minyak kayu putih, damar, sagu, sutera, dan lain-lain.

Hasil hutan berupa kayu ada dua, berupa kayu bulat dan kayu olahan.

  1. Kayu bulat adalah hasil hutan dalam bentuk batangan pohon yang belum diolah, seperti kayu jati, mahoni, akasia, cendana, pinus.
  2. Kayu olahan adalah kayu yang telah mengalami pengolahan lebih lanjut seperti kayu gergajian, plywood dan veneer.

Baca juga: Potensi Lokasi Indonesia Secara Astronomis

  • Hutan konservasi

Hutan konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemanya.

Indonesia telah menetapkan sejumlah kawasan konservasi dalam bentuk taman nasional, suaka margasatwa, cagar alam dan taman hutan rakyat (tahura), dan lain-lain.

  • Hutan lindung

Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk:

  • Mengatur tata air
  • Mencegah banjir
  • Mengendalikan erosi
  • Mencegah intrusi laut
  • Memelihara kesuburan tanah

Baca juga: Potensi Lokasi Indonesia Secara Geografis

Pemanfaatan sumber daya alam hutan

Manfaat sumber daya alam hutan di Indonesia adalah untuk:

  • Penghasil oksigen

Hutan disebut paru-paru dunia sebab banyaknya tumbuhan di hutan artinya menghasilkan oksigen dan udara sehat bagi manusia.

  • Memenuhi berbagai keperluan manusia

Hasil hutan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Contoh, hasil hutan berupa kayu dan bambu dipakai untuk bahan pembuatan perabotan atau perkakas rumah tangga.

  • Sumber bahan obat-obatan

Hutan juga menghasilkan berbagai jenis bahan untuk obat-obatan. Beberapa jenis tumbuhan diketahui ampuh untuk mengobati sejumlah penyakit.

  • Sumber bahan pangan

Hutan di Indonesia juga dimanfaatkan penduduk untuk sumber pangan, misalnya buah-buahan dan binatang buruan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.