Golongan Penerima Zakat

Kompas.com - 17/05/2020, 13:58 WIB
Golongan penerima zakat shutterstockGolongan penerima zakat

KOMPAS.com - Zakat fitrah wajib dilakukan bagi umat Islam yang dibayarkan sekali dalam setahun.

Zakat diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan peremnpuan muskim yang dilakukan pada bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri.

Dilansir dari situs resmi Badan Amil Zakat Nasional, zakat merupakan harta yang dikeluarkan apabila telah mencapai syarat yang diatur sesuai aturan agama, dikeluarkan kepada delapan asnaf penerima zakat.

Menurut bahasa Indonesia, kata "zakat" berarti tumbuh, berkembang, subur, atau bertambah.

Zakat berasal dari bentuk kata "zaka" yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang.

Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk beroleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan (Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq:5).

Baca juga: Besaran Zakat Fitrah 2020

Menurut Peraturan Menteri Agama No 52 Tahun 2014, zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha yang dimiliki oleh orang Islam untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam.

Sebagai instrumen yang masuk dalam salah satu Rukun Islam, zakat tentu saja memiliki aturan mengikat dari segi ilmu fiqihnya, salah satu diantaranya adalah kepada siapa zakat diberikan.

Berikut delapan golongan penerima zakat:

  • Fakir

Mereka yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X