Sayyidah Ruqayyah, Putri Nabi Muhammad SAW yang Wafat di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 16/05/2020, 13:46 WIB
Masjid Quba, masjid pertama di dunia. ShutterstockMasjid Quba, masjid pertama di dunia.

KOMPAS.com - Banyak peristiwa yang terjadi di bulan Ramdhan. Bahkan beberapa kisah dan sejarah penting terjadi pada bulan yang suci ini.

Selain adanya Perang Badar yang terjadi pada 17 Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah. Pada waktu itu juga merupakan peristiwa wafatnya Sayyidah Ruqayyah atau Ruqayyah binti Muhammad.

Dilansir dari buku 39 Tokoh Wanita Pengukir Sejarah Islam (2015) karya Bassam Muhammad Hamami, Ruqayyah binti Muhammad merupakan putri Nabi Muhammad SAW dan Khadijah binti Khuwailid.

Ruqayyah lahir di Mekah pada tahun 20 sebelum Hijriah atau tahun 603. Ruqayyah menikah dengan sepupunya Utbah bin Abu Lahab.

Ketika diutusnya kenabian Muhammad, Ruqayyah masuk Islam, sedangkan suaminya tetap pada agamanya. Kedua mertua Ruqayyah terus memfitnah dan mencelakakan Rasulullah SAW.

Hingga kemudian Abu Lahab memerintahkan anaknya untuk menceraikan Ruqayyah yang belum pernah disentuh oleh Uthab. Akhirnya mereka pun berpisah.

Baca juga: Sejarah Perang Badar

Jodoh untuk Ruqayyah

Selepas dari Utbah, Allah telah memilihkan jodoh yang begitu mulia bagi Ruqayyah, yaitu Usman bin Affan.

Pemuda Quraisy yang bermartabat dan berasal dari keluarga yang terhormat. Usman bin Affan ternyata sudah menaruh hati pada Ruqayyah sejak lama.

Mendengar kabar perceraian Ruqayyah, Usman kemudian langsung mendatangi Rasulullah SAW untuk meminang Ruqayyah.

Usai menikah, penyiksaan terhadap kaum muslim semakin bertambah buruk. Rasulullah SAW meminta Ruqayyah dan suaminya untuk hijrah ke negeri Habasyah.

Baca juga: Niat dan Tata Cara Itikaf di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X