Kompas.com - Diperbarui 18/01/2022, 17:00 WIB
Tangkapan layar Program Belajar dari Rumah TVRI 15 Mei 2020 untuk Kelas 4-5 SD berjudul Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Volume Bangun Ruang. Materi TVRI kelas 6 SD tentang Volume Prisma Segitiga.
KOMPAS.com/Arum Sutrisni PutriTangkapan layar Program Belajar dari Rumah TVRI 15 Mei 2020 untuk Kelas 4-5 SD berjudul Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Volume Bangun Ruang. Materi TVRI kelas 6 SD tentang Volume Prisma Segitiga.

KOMPAS.com - Prisma segitiga merupakan salah satu bangun ruang yang mungkin sering kamu temui. Salah satunya pada kotak cokelat Toblerone.

Untuk memahami tentang konsep prisma segitiga, perhatikan gambar prisma segitiga berikut ini:

Gambar prisma segitiga.KOMPAS.com/Arum Sutrisni Putri Gambar prisma segitiga.

Pada prisma segitiga terdapat ciri-ciri bentuk alas segitiga (ABC dan DEF).

Sekarang perhatikan gambar berikut ini:

Bentuk-bentuk segitiga dan rumus luas segitiga.KOMPAS.com/Arum Sutrisni Putri Bentuk-bentuk segitiga dan rumus luas segitiga.

Terdapat berbagai bentuk segitiga, yaitu segitiga sama kaki, segitiga sembarang, segitiga siku-siku dan segitiga sama sisi.

Ingat, luas segitiga = 1/2 alas x tinggi segitiga

Tahukah kamu apa hubungan antara luas alas dan tinggi prisma dengan volume prisma segitiga? Perhatikan tabel berikut ini:

Rumus volume prisma segitiga.KOMPAS.com/Arum Sutrisni Putri Rumus volume prisma segitiga.

Jadi, volume prisma segitiga adalah perkalian dari luas alas x tinggi. Untuk menghitung luas alas menggunakan rumus luas segitiga.

Contoh soal penalran prima segitiga

Perhatian contoh soal berikut ini:

Sebuah botol minyak wangi berbentuk prisma segitiga sama sisi. Volume minyak wangi dalam botol adalah 100 cm3. Diketahui tinggi botol dua kali tinggi segitiga, dan panjang salah satu sisi segitiga adalah 4 cm. Berapa cm tinggi botol?

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.