Bunyi dan Cahaya, Materi TVRI 12 Mei Kelas 4-6

Kompas.com - 12/05/2020, 06:30 WIB
Tangkapan layar program Belajar dari Rumah TVRI 12 Mei 2020 kelas 4-6 SD, X-Sains: Bunyi dan Cahaya. KOMPAS.com/Arum Sutrisni PutriTangkapan layar program Belajar dari Rumah TVRI 12 Mei 2020 kelas 4-6 SD, X-Sains: Bunyi dan Cahaya.

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI kelas 4-6 SD membahas tentang X-Sains: Bunyi dan Cahaya. Berikut ini ringkasan materinya:

Bunyi dan sifatnya

Pernah tidak kalian berpikir bunyi itu apa? Atau kenapa muncul bunyi? Jika kalian sedang terdiam tiba-tiba kalian memukul meja, apa yang kamu dengar? Atau saat kalian terdiam ada nyamuk terngiang di dekat telinga kita, apa yang terdengar? Bunyi atau suara.

Bunyi adalah suatu gelombang yang dihasilkan oleh benda yang bergetar. Ternyata bunyi itu memiliki sifat-sifat tertentu. Berikut ini beberapa sifat bunyi:

  • Bunyi merambat memerlukan medium.

Perambatan bunyi dapat terjadi lewat medium, baik padat cair atau gas. Namun bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa, karena tidak ada medium di ruang hampa.

Baca juga: Jawaban Soal TVRI 4 Mei 2020 Kelas 4-6 SD

  • Bunyi dapat dibiaskan.

Pasti kamu pernah mendengar suara petir. Jika didengarkan lebih seksama suara petir di malam hari lebih keras daripada siang hari.

Pada siang hari udara di permukaan lebih panas dibandingkan di malam hari. Akibatnya kerapatan udara di siang hari jadi lebih renggang dibandingkan pada malam hari. Perbedaan kerapatan udara inilah yang menyebabkan bunyi dapat dibiaskan.

  • Bunyi dapat dipantulkan.

Pantulan bunyi terjadi ketika bunyi mengenai suatu penghalang sehingga dapat terjadi gema ataupun gaung.

Gema adalah bunyi pantul yang terdengar jelas. Contohnya ketika kita berteriak di pinggir tebing nanti akan terdengar dengan jelas.

Gaung adalah bunyi pantul yang terdengar kurang jelas. Contoh, kita berteriak di dalam goa atau di dalam sebuah ruangan. Biasanya kita akan mendengar suara-suara tidak jelas.

Baca juga: Rangkuman Jawaban Soal TVRI 30 April Kelas 4-6 SD

Cahaya dan sifatnya

Pernah tidak mengalami ketika sedang belajar tiba-tiba listrik mati, suasana jadi gelap. Dilanjutkan tidak kira-kira belajarnya? Tidak, karena kita butuh cahaya untuk belajar.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X