Halaman untuk Membuat Film Durasi 60 Menit, Jawaban Soal TVRI 11 Mei SMA

Kompas.com - 11/05/2020, 10:00 WIB
Foto sampul lembaran-lembaran skenario film Ada Apa Dengan Cinta? 2, yang diterima oleh Dian Sastrowardoyo, pemeran Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta? Dok Pribadi/InstagramFoto sampul lembaran-lembaran skenario film Ada Apa Dengan Cinta? 2, yang diterima oleh Dian Sastrowardoyo, pemeran Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta?
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang ditayangkan TVRI kembali digelar. Pada gelaran Senin, 11 Mei 2020, membahas mengenai " Tutorial Penulisan Skenario" untuk SMA dan sederajat.

Pada materi tersebut terdapat tiga pertanyaan. Berikut pembahasan soal keempat dan jawabannya.

Soal: Berdasarkan format film yang telah dijelaskan dalam tayangan tadi, kalau kalian ingin membuat film berdurasi 60 menit, berapa halaman skenario film sebaiknya dibuat? Berikut penjelasannya!

Jawaban: Satu halaman skenario film biasanya menggambar satu menit film. Bila ingin membuat film dengan durasi 60 menit maka harus membuat skenario film yang dibutuhkan 60 halaman.

Baca juga: Peristiwa yang Membuat Klimaks Film Jalan Pulang, Jawaban Soal TVRI 11 Mei SMA

Skenario film dibuat dengan kertas kwarto dengan margin 1 inci dari tepi atas, tepi bawah, tepi kanan, dan tepi kiri kertas.

Pilih huruf yang sederhana dengan ukuran 12 point dan menggunakan jarak satu spasi.

Pada halaman judul atau cover ditulis dengan huruf kapital dapat ditambahkan dengan tanda petik atau garis bawah.

Empat spasi di bawahnya ditambahkan skenario oleh, dua spasi kemudian dituliskan nama penulisnya. 

Tulisan draf satu bila skenario tersebut adalah pertama.

Bila nantinya terjadi revisi maka tuliskan draf dua dan seterusnya sesuai banyaknya revisi yang terjadi. Umumnya nomor halaman diletakkan pada sisi pojok kanan atas.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X