Kompas.com - 02/05/2020, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Manusia hidup di planet Mars, mungkinkah? Untuk melihat kemungkinan manusia tinggal di planet Mars, penting untuk mengetahui fakta planet Mars terlebih dahulu.

Fakta planet Mars

Mengutip National Geographic Kids, nama Mars berasal dari Dewa Perang Romawi. Mars adalah planet keempat dari matahari dalam tata surya.

Mars disebut juga planet Merah karena memang berwarna merah. Warna khas ini berasal dari sejumlah besar bahan kimia yang disebut iron oxide (karat) yang terkandung dalam bebatuan dan tanahnya.

Mars adalah planet terkecil kedua di tata surya setelah Merkurius. Diameter Mars sekitar 6.791 kilometer atau setengah ukuran Bumi. Mars mempunyai dua satelit yaitu Phobos dan Deimos.

Baca juga: Letusan Gunung Berapi

Sehari di Mars sama dengan 24 jam 37 menit, sedikit lebih lama dari Bumi. Tetapi setahun di Mars dua kali dari Bumi yaitu 678 hari. Karena Mars butuh waktu lebih lama untuk mengorbit mengelilingi matahari.

Cuaca di Mars bisa sangat dingin bahkan melebihi planet Bumi, karena lebih jauh dari Matahari. Di ekuator (khatulistiwa), suhu bisa mencapai 20 derajat Celcius. Tetapi di kutub Mars, suhu bisa turun drastis hingga titik terendah sekitar -140 derajat Celcius.

Di Mars, terdapat gunung berapi terbesar se-tata surya, yaitu Olympus Mons, menjulang tinggi sekitar 24 kilometer.

Ngarai terbesar di tata surya juga ada di Mars, yaitu Valles Marineris. Ngarai ini sangat luas sehingga bila diihat dari satu sisi, tepi yang lain berada di bawah garis lengkung horizon.

Baca juga: Mungkinkah Buang Sampah ke Gunung Berapi?

Matahari tenggelam di Mars tidak berwarna merah atau oranye seperti di bumi, melainkan berwarna biru. Asal warna ini dari debu yang menyerap sebagian besar cahaya biru dan akibat uraian sinar matahari oleh atmosfer.

Gravitasi planet Mars lebih lemah dari gravitasi Bumi. Kamu bahkan bisa meloncat tiga kali lebih tinggi di Mars daripada di Bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.