Puisi Sapardi Djoko Damono

Kompas.com - 28/04/2020, 21:15 WIB
Kumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. GramediaKumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono.

KOMPAS.com - Sapardi Djoko Damono, penyair Indonesia angkatan 1970-an, telah menghasilkan berbagai karya sastra berupa puisi, cerpen dan lain-lain.

Beberapa karya Sapardi Djoko Damono yang terkenal adalah puisi Hujan Bulan Juni, Yang Fana Adalah Waktu, Aku Ingin dan Pada Suatu Hari Nanti.

Puisi Hujan Bulan Juni

Mengutip Kemdikbud RI, puisi Sapardi Djoko Damono berjudul Hujan Bulan Juni dibuat berdasarkan pengalaman masa muda saat berada di Yogyakarta dan Surakarta (Solo).

Juni-Juli adalah masa libur mahasiswa. Ia selalu menjalani Juni yang kemarau dan kering dan tak pernah merasakan hujan di bulan-bulan tersebut.

Kumpulan puisi Hujan Bulan Juni Sapardi Djoko Damono diterbitkan pada 1994, yang memuat sebanyak 102 puisi yang ditulis pada rentang waktu 1964-1994. Saat ini, kumpulan Puisi Hujan Bulan Juni sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa asing.

Baca juga: Sapardi Djoko Damono, Perannya Dalam Sastra Indonesia

Berikut ini syair lengkap puisi Hujan Bulan Juni Sapardi Djoko Damono yang dibuat pada 1989:

Hujan Bulan Juni

Tak ada yang lebih tabah
Dari hujan bulan Juni
Dirahasiakannya rintik rindunya
Kepada pohon berbunga itu

Tak ada yang lebih bijak
Dari hujan bulan Juni
Dihapusnya jejak-jejak kakinya
Yang ragu-ragu di jalan itu

Tak ada yang lebih arif
Dari hujan bulan Juni
Dibiarkannya yang tak terucapkan
Diserap akar pohon bunga itu

Baca juga: Puisi Aku Chairil Anwar

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X