Soal dan Jawaban Belajar dari Rumah TVRI 27 April 2020 SMP Sederajat

Kompas.com - 27/04/2020, 11:13 WIB
Masjid Agung Banten berdiri megah, sementara beberapa petugas kebersihan menyapu dan memungut sampah di kawasan Banten Lama, Serang, Banten, Jumat (10/4). Salah satu masjid tertua di Indonesia yang didirikan pada masa Kesultanan Banten tersebut menjadi penanda Kota Serang. Kehidupan warga di Serang lekat dengan suasana yang religius. Kompas/Dwi Bayu RadiusMasjid Agung Banten berdiri megah, sementara beberapa petugas kebersihan menyapu dan memungut sampah di kawasan Banten Lama, Serang, Banten, Jumat (10/4). Salah satu masjid tertua di Indonesia yang didirikan pada masa Kesultanan Banten tersebut menjadi penanda Kota Serang. Kehidupan warga di Serang lekat dengan suasana yang religius.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Program Belajar dari rumah yang ditayangkan TVRI pada, Senin, 27 April 2020 untuk SMP sederajat membahas tema "Pesona Masjid Agung Banten".

Berikut Soal dan Jawabannya:

Soal: Jelaskan kondisi masyarakat Banten sebelum masuknya Islam ke daerah tersebut?

Jawaban: Sebelum Islam masuk ke Banten, kehidupan masyarakat masih dalam tata cara tradisi. Masyarakat masih menganut agama Hindu yang pada waktu itu berkembangan di Indonesia.

Hal ini tampak adanya peninggalan purbakala dalam bentuk prasti. Kemudian acara-acara yang bersifat hindustik dan bangunan keagamaan lain.

Dulu Banten dipimpin seorang Raja bernama Pucuk Umun dengan ajaran animisme Sunda Wiwitan.

Setelah terjadinya kontak budaya antara Kerajaan Banten dengan Sultan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) yang merupakan cucu dari Prabu Siliwangi.

Kemudian diutuslah seorang bernama Sabakingking (kelak bernama Sultan Maulana Hasanudin) untuk melakukan syiar Islam kepada Raja Banten Pucuk Umun.

Soal: Apakah makna dari tumpak tiang Masjid Banten yang berbentuk labu?

Jawaban: Makna tumpak tiang Masjid Agung Banten yang berbentuk labu merupakan hasil

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X