Masjid Agung Banten, Materi Belajar dari Rumah TVRI 27 April SMP

Kompas.com - 27/04/2020, 08:45 WIB
salah satu obyek wisata religi di Banten yaitu Masjid Agung Banten. gotravelly.comsalah satu obyek wisata religi di Banten yaitu Masjid Agung Banten.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Masjid Agung Banten merupakan salah satu situs peninggalan bersejarah di Indonesia.

Masjid Agung Banten juga salah satu masjid tertua yang sarat akan sejarah dalam perkembangan Islam di Nusantara khususnya Banten.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Masjid Agung Banten dibangun pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin (1552-1570).

Maulana Hasanuddin merupakan raja pertama Kasultanan Banten. Sultan Hasanuddin merupakan putra pertama Sunan Gunung Jadi, salah satu wali yang menyebarkan Islam di tanah Jawa.

Masjid Agung Banten termasuk salah satu cagar budaya yang dilindungi. Lokasi Masjid Agung Banten terletak di Desa Banten sekitar 10 kilometer sebelah utara Kota Serang.

Baca juga: Masjid Agung Banten dan Tradisi Ziarah Makam Sultan Jelang Ramadhan 

Arsitektur bangunan masjid

Bangunan utama masjid memiliki rancang bangun tradisional, merupakan inti atau daerah sakral dari kompleks masjid.

Seperti bangunan masjid kuno lainnya, bangunan Masjid Agung Banten memiliki ciri-ciri sebagai masjid kuno Jawa.

Ciri khusus pada Masjid Agung Banten terdapat sebuah gapura pada keempat arah mata angin.

Kemudian menara masjid menggunakan bahan batu yang menjulang setinggi 24 meter dengan diameter 10 meter, ada 83 tangga pada menara tersebut.

Ciri lain Masjid Agung Bantena pada bagian atap bangunan utama yang bertumpuk lima mirip dengan pagoda asal China. Itu merupakan hasil desain seorang arsitektur China bernama Tjek Ban Tjut.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X