Kompas.com - 17/04/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi perhitungan kimia shutterstockIlustrasi perhitungan kimia

KOMPAS.com - Air merupakan salah satu senyawa paling sederhana yang sering dijumpai.

Bangsa Yunani Kuno menganggap air sebagai salah satu dari emoat unsur alam, selain api, tanah, dan udara.

Bagian terkecil dari air yaitu molekul air. Molekul adalah partikel yang sangat kecil, sehingga jumlah molekul dalam segelas air bisa lebih banyak dibandingkan jumlah kertas pada suatu buku.

Di lansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk mengetahui jumlah molekul ditetapkan perhitungan kimia.

Salah seorang peneliti sifat gas, Joseph Louis Gay Lussac, melakukan serangkaian percobaan untuk mengukur volume gas yang bereaksi.

Disimpulkan, bahwa pada temperatur dan tekanan sama, perbandingan volume gas yang bereaksi dan volume gas hasil reaksi merupakan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Temuan tersebut menjadi hukum perbandingan volume.

Baca juga: 4 Hukum Dasar Kimia

Penentuan volume gas pereaksi dan hasil reaksi

Menurut Amadeo Avogadro hukum yang ditemukan oleh Gay Lussac dapay dipecahkan sebagai berikut:

"Gas-gas yang volumenya sama, jika diukur pada suhu dan tekanan yang sama, akan memiliki jumlah molekul yang sama"

Oleh karena perbandingan volume gas hidrogen, gas oksigen, dan uap air pada reaksi pembentukan uap air adalah 2:1:2, maka perbandingan jumlah molekul hidrogen, oksigen, dan uap air juga 2:1:2.

Jumlah atom tiap unsur tidak berkurang atau bertambah dalam reaksi kimia. Sehingga molekul gass hidrogen dan molekul gas oksigen harus merupakan molekul dwiatom.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X