Kompas.com - 11/04/2020, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah kamu melihat kucing bermain dengan mainan berisi catnip? Bila pernah, pasti kamu dapat melihat tingkah kucing menjadi lucu dan aneh.

Kebanyakan kucing menyukai catnip yang ditunjukkan dengan tingkah aneh. Seperti menggosokkan ke segala sesuatu, berguling-guling di lantai, dan mengais-ngais benda acak.

Tahukah kamu mengapa kucing suka catnip?

Catnip

Melansir Wonderopolis, catnip adalah tanaman harum dari keluarga mint. Nama ilmiah catnip adalah Nepeta cataria. Catnip kadang disebut catmint atau catswort.

Tanaman catnip dapat ditemukan di Afrika, Eropa, Asia dan Amerika Utara. Saat ini, terdapat 250 spesies catnip di seluruh dunia.

Catnip dapat tumbuh setinggi dua hingga tiga kaki dan memiliki batang kokoh dengan daun berbentuk hati. Di ujung batang tanaman akan tumbuh bunga berwarna biru, putih, merah muda atau ungu.

Dampak catnip tidak hanya saat berupa tanaman segar. Biasanya mainan catnip untuk kucing mengandung catnip yang telah dikeringkan dan dipotong kecil-kecil.

Baca juga: Mengapa Kucing Takut Mentimun?

Dampak catnip pada kucing

Mengutip Scientific American, bahan dasar catnip merupakan bagian dari famili tanaman yang sama dengan mint yaitu nepetalactone, zat kimia yang diyakini mirip feromon kucing.

Ketika nepetalactone ini masuk ke indra penciuman kucing, maka akan merangsang neuron sensorik yang akan memicu reaksi kimia di otak.

Hasilnya adalah semacam reaksi kimia yang memberi kucing perasaan euforia atau kebahagiaan luar biasa. Efek tersebut sebanding dengan obat halusinogen pada manusia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.