Hewan Langka dan Terancam Punah di Indonesia

Kompas.com - 11/04/2020, 16:00 WIB
Satwa endemik Komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (4/6/2012).   KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESSatwa endemik Komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Rinca, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (4/6/2012). KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia.

Di mana kaya akan flora dan fauna yang tersebar di wilayah Indonesia. Ada beragam jenis atau spesies flora dan fauna di Indonesia.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), flora adalah keseluruhan kehidupan jenis tumbuh-tumbuhan suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu atau dunia tumbuhan.

Fauna adalah keselurun kehidupan hewan suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu atau dunia hewan.

Dari beragam spesies tersebut terdapat hewan- hewan langka hidup di Indonesia yang terancam punah. Adanya perburuan liar dan perubahan mengancam keberadaan mereka.

Baca juga: Mengapa Satwa Langka Rentan Punah? Genetika Jelaskan

Berikut beberapa hewan- hewan langka di Indonesia:

Komodo merupakan spesies kadal terbesar yang ada di Indonesia.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), Komodo atau disebut Varanus Komodoensis terdapat di Pulai Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dikutip situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK), Taman Nasional Komodo merupakan habitat satwa Komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia dan endemik di Indonesia.

Berdasarkan hasil monitoring populasi Komodo oleh Balai Taman Nasional Komodo dan Komodo survival Program (KSP) selama lima tahun terakhir berfluktuasi dengan tren relatif stabil antara 2.400 hingga 3.000 ekor.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X