Jenis dan Tahapan Sosialisasi

Kompas.com - 09/04/2020, 15:00 WIB
Ilustrasi sosialisasi shutterstock.comIlustrasi sosialisasi
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Kepribadian seseorang terbentuk tidak hanya dari faktor bawaan sejak lain, tapi juga adanya interaksi individu dengan lingkungan sosial.

Dalam interaksi tersebut setiap individu mengalami pengenalan nilai dan norma di masyarakat. Proses penanaman nilai dan norma pada masyarakat disebut sosialisasi.

Dilansir Encyclopaedi Britannica (2015), sosialisasi merupakan proses di mana seseorang belajar menyesuaikan diri dengan suatu kelompok atau masyarakat dan perilaku dengan cara yang disetujui oleh kelompok.

Menurut sebagian besar ilmuwan sosial, sosialisasi pada dasarnya mewakili seluruh proses pembelajaran sepanjang kehidupan dan merupakan pengaruh sentral pada perilaku, kepercayaan, dan tindakan orang dewasa atau anak-anak.

Baca juga: Sosialisasi: Pengertian, Proses, Fungsi dan Tujuannya 

Menurut para ahli, seperti Peter L.Berger mengatakan sosialisasi adalah proses belajar seorang anak untuk menjadi anggota yang berpartisipasi di masyarkat. Hal yang dipelajari seperti peranan, nilai, dan norma sosial.

Koentjaraningrat menyatakan sosialisasi adalah seluruh proses di mana seorang individu sejak kanak-kanak sampai dewasa, berkembang, berhubungan, mengenal dan menyesuaikan diri dengan masyarakat sekitarnya.

Bruce J. Cohen, sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyrakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun anggota kelompok.

Jenis sosialisasi

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sebelum mengetahui siapa yang melakukan sosialisasi terlebih dahulu harus melihat jenis sosialisasinya.

Berikut jenis sosialisasi di masyarakat:

Dalam sosialisasi berdasar tipe terbagi atas beberapa jenis, yakni:

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X