Mengapa Kita Menguap?

Kompas.com - 04/04/2020, 15:00 WIB
ilustrasi SHUTTERSTOCKilustrasi

KOMPAS.com - Semua orang pasti menguap, mulai dari bayi hingga kakek buyut. Bahkan menguap merupakan kegiatan yang tidak kita sadari atau tidak kita kontrol.

Tidak ada yang tahu pasti, mengapa kita menguap. Namun, banyak teori yang bisa menjelaskan alasan orang menguap.

Seperti yang dilansir dari Kids Health, menguap dapat terjadi ketika kita mengantuk, bosan atau lelah.

Dalam keadaan tersebut, tubuh kita tidak bernapas sedalam yang biasanya dilakukan. Dalam keadaan mengantuk, lelah, atau bosan kita hanya mengambil sedikit oksigen.

Oleh karena itu, menguap membantu kita untuk mengambil banyak oksigen ke dalam darah dan memindahkan lebih banyak karbon dioksida keluar dari darah.

Definisi menguap adalah refleks yang tidak sengaja (sesuatu yang tidak bisa dikendalikan) untuk membantu kita mengendalikan kadar oksigen dan karbon dioksida dalam tubuh.

Baca juga: Bagaiaman Tidur yang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?

Teori lainnya mengatakan bahwa menguap meregangkan paru-paru dan jaringan paru-paru.

Peregangan dan menguap bisa menjadi cara untuk melenturkan otot dan persendian, meningkatkan denyut jantung, dan merasa lebih terjaga.

Bahkan beberapa penelitian juga menyebut bahwa menguap merupakan refleks pelindung untuk mendistribusikan kembali zat seperti minyak yang disebut surfaktan.

Minyak ini mampu menjaga paru-paru terlumas di dala dan menjaganya agar tidak runtuh.

Menguap menular

Dalam situs Health Line, menguap memang menular. Bahkan hanya melalui video saja, dapat memicu orang yang sedang menontonnya juga ikut menguap.

Menurut penelitian dari Baylor University, jika kita ikut menguap setelah melihat orang menguap itu adalah pertanda baik. Artinya kita memiliki rasa empati dan ikatan.

Baca juga: Mulut: Fungsi dan Strukturnya

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X