Letusan Gunung Berapi

Kompas.com - 29/03/2020, 12:00 WIB
Letusan gunung berapi Rinjani disertai kilat di Lombok, Indonesia pada 1994. Oliver Spalt (http://www.artweise.de)Letusan gunung berapi Rinjani disertai kilat di Lombok, Indonesia pada 1994.

KOMPAS.com - Gunung berapi mempunyai potensi untuk meletus atau terjadi erupsi yang membahayakan manusia dan makhluk hidup lain. Apa yang kamu ketahui tentang gunung berapi dan letusannya?

Gunung berapi

Mengutip World Health Organizations (WHO), gunung berapi adalah lubang angin di kerak bumi tempat terjadinya erupsi atau letusan.

Ada sekitar 1500 gunung berapi yang berpotensi aktif di seluruh dunia yang berbahaya sebab dapat menyebabkan hilangnya nyawa dan harta benda terutama di daerah berpenduduk padat.

Aktivitas vulkanik dan kebakaran hutan memengaruhi 6,2 juta orang dan menyebabkan hampir 2.400 kematian antara 1998-2017.

Baca juga: Enam Letusan Dahsyat Gunung Berapi di Indonesia

Dilansir dari Kiddle, dalam bahasa Inggris gunung berapi disebut volcano, yaitu gunung tempat lava berasal dari ruang magma di bawah tanah. Lava adalah batu cair yang panas.

Sebagian besar gunung berapi memiliki kawah vulkanik di bagian puncak. Pada gunung berapi aktif, saat meletus akan memuntahkan material berupa gas, abu, lava, batu yang panas dan berbahaya.

Gunung berapi tidak hanya terdapat di planet Bumi, melainkan juga ada di planet lain seperti Mars yang mempunyai gunung api Olympus Mons.

Tahukah kamu ada ilmuwan yang mempelajari tentang gunung berapi? 

Volcanologist adalah ilmuwan yang mempelajari gunung berapi menggunakan metode dari geologi, kimia, geografi, mineralogi, fisika dan sosiologi.

Baca juga: Jenis-jenis Bencana Alam, Nonalam dan Sosial

Letusan gunung berapi

Ada berbagai jenis peristiwa saat terjadi letusan gunung berapi, yaitu:

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X