Kompas.com - 22/03/2020, 20:30 WIB
Ilustrasi kosmetik. misumaIlustrasi kosmetik.

KOMPAS.com - Penggunaan kosmetik dalam peradaban selama berabad-abad untuk ritual keagamaan, meningkatkan kecantikan dan untuk meningkatkan kesehatan. Tahukah kamu apa itu kosmetik?

Apa itu kosmetik?

Kosmetik disebut juga makeup, make up atau make-up. Kosmetik adalah produk yang digunakan untuk membuat tubuh manusia terlihat berbeda.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kosmetik adalah obat (bahan) untuk mempercantik wajah, kulit, rambut dan sebagainya (seperti bedak, pemerah bibir).

Melansir Kiddle, seringkali kosmetik digunakan untuk membuat seseorang lebih memikat atau menarik atau sebagai praktik budaya.

Istilah kosmetik berasal dari bahasa Inggris cosmetics yang berasal dari bahasa Yunani kosmetikos yang artinya kemampuan dalam hal penataan.

Arkeolog memperkirakan penggunaan kosmetik telah dilakukan sejak zaman Yunani Kuno dan Mesir Kuno. Kosmetik disebutkan dalam Old Testament (Naskah Kuno).

Baca juga: Mengapa Orang Suka Selfie?

Kosmetik zaman kuno

Dikutip dari dari Cosmetics Info, sejarah kosmetik dimulai pada Mesir Kuno sekitar 10.000 Sebelum Masehi.

Sejarah kosmetik dapat dibagi dalam lima periode yaitu zaman kuno, era awal masehi, abad pertengahan, abad pencerahan, serta awal abad 19 dan 20.

Di Mesir Kuno, kosmetik adalah bagian penting dari higienitas dan kesehatan baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Masyarakat zaman kuno di wilayah lain seperti Yunani, China, dan Jepang kebanyakan menggunakan bahan-bahan alami seperti gelatin, lilin lebah, telur, beras, mawar, dan lainnya

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.